Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Balijava Koleksi Batik Kudus di New York

Persembahan Denny Wirawan dan Djarum Foundation di New York.

Balijava Koleksi Batik Kudus di New York

Desainer fashion Indonesia yang dikenal dengan kombinasi tabrak motif, Denny Wirawan, bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation untuk membawa wastra tanah air ke panggung internasional. Bertempat di Fashion Gallery New York Fashion Week (FGNYFW) 2016, koleksi etnik Balijava dan Batik Kudus menyuguhkan sejumlah 15 tampilan dalam musim Fall/Winter 2016.

Tak sekadar mengusung tema tradisional, potongan busana yang ditampilkan membawa spirit modern di bilangan Manhattan, koleksi Denny kali ini diberi tema Padma, yang berarti bunga teratai. Bunga ini merupakan simbol kecantikan abadi dan kemurnian di Asia Tenggara.

Filosofi teratai menarik perhatian sang desainer hingga kemudian ia mengembangkan dan mengolah motif bunga ini sebagai fondasi rangkaian karyanya.

Palet warna Balijava dan Batik Kudus menggunakan warna yang cenderung gelap, seperti navy blue, olive green, beige, dan hitam untuk menyesuaikan tema musim dingin. Busana siap pakai tersebut terdiri dari atasan, bawahan, dan luaran dengan ekspresi layering sebagai acuan padu padan.

Mengisi keindahan permukaan kain, motif wajikan, beras kecer, dan kotak geometris pada Batik Kudus dipadukan bersama motif lotus.

 

(Ardhana Utama. Foto: Courtesy of Image Dynamics)