• Bride / Tips

    Pos Biaya Pernikahan yang Sering Dilupakan


    Pos Biaya Pernikahan yang Sering Dilupakan

    Teliti menyusun budget pernikahan Anda untuk menghindari pembengkakan biaya.


    Pesta pernikahan seringkali membuat Anda mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Belum lagi, banyak pos yang ternyata masih saja terlalaikan saat penghitungan biaya sehingga pengeluaran pun semakin membengkak.

    Cek hal-hal apa saja yang mungkin luput dari perhatian Anda. 
    1. Uang tip
    Tip untuk para vendor yang telah membantu keberlangsungan acara sepatutnya tidak terabaikan. Jika pesta berlangsung di hotel, perhitungkan pula biaya servisnya.

    2. Akomodasi untuk tamu
    Sebagai tuan rumah, memang ada baiknya apabila Anda menyediakan sarana transportasi dan penginapan terutama bagi tamu yang datang jauh-jauh dari luar kota selama mereka menghadiri rangkaian acara pernikahan Anda. Siasati dengan memesan dari jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan sekaligus harganya.

    3. Administrasi KUA
    Pengurusan dokumen pernikahan yang terkadang penuh liku juga kerap menuntut Anda untuk mengeluarkan lebih banyak uang. Ingat, Anda juga sebaiknya menyiapkan imbalan untuk penghulu yang bertugas menikahkan saat hari H.

    4. Konsumsi panitia
    Jangan sampai melupakan jatah makanan panitia yang standby saat acara berlangsung seperti fotografer atau videografer, wedding organizer, personil entertainment, perias pengantin, sopir, dan lain sebagainya.

    5. Tanda terima kasih
    Anda memiliki anggota keluarga yang dirasa sangat membantu baik saat persiapan maupun pelaksanaan? Tak ada salahnya untuk memberikan bingkisan berisi cinderamata sebagai ucapan terimakasih, misalnya saja kepada keluarga yang bertugas mengguyur pengantin pada saat upacara siraman, among, pagar ayu, ataupun saudara sepupu yang sudah bersedia menjadi penerima tamu pada saat resepsi.

     

    (Melur Pinilih. Foto: Ismagination/ShutterStock/Click Photos)




- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -