• Beauty / Tips

    Kebiasaan Penyebab Tanda Penuaan Dini


    Kebiasaan Penyebab Tanda Penuaan Dini

    Perubahan di kulit Anda dapat terjadi akibat kebiasaan sehari-hari yang tidak Anda sadari.


    Beragam perawatan kulit sering kali dijadikan 'obat' untuk mengatasi tanda penuaan dini pada tubuh khususnya wajah. Sedangkan, secara medis gejala aging merupakan proses alami yang akan dialami siapapun ketika memasuki usia 40-an. Namun tahukah Anda, beberapa kebiasaan berikut ini ternyata berdampak pada penuaan dini?

     

    1. Multitasking, khususnya wanita dianggap memiliki kemampuan lebih dalam melakukan lebih dari satu tugas. Padahal kebiasaan multitasking akan menambah tingkat stres dalam otak yang akan menambah beban pikiran sehingga menganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

    Multitasking juga menyebabkan individu sulit fokus dan sulit tidur di dalam hari. Sebaiknya secara bertahap kebiasaan tersebut harus dikurangi dengan cara mengatur jadwal yang lebih efektif.

     

    2. Tidak bisa menolak tawaran kudapan manis, kandungan gula yang tinggi pada makanan-makanan penutup seperti kue dan cokelat mempercepat munculnya lingkar hitam pada mata, mata lebih sembap, memperbesar pori-pori wajah serta menurunkan tingkat elastisitas kulit wajah. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan bergula.

     

    3. Tidur kurang dari 7 jam di malam hari, setelah melalui hari yang melelahkan, tubuh perlu istirahat yang cukup. Di era smartphone seperti sekarang ini, Anda terbiasa berkutat dengan gadget meskipun sudah berbaring di atas kasur.

    Kebiasaan tersebut tanpa disadari mengurangi kebutuhan waktu tidur Anda, sedangkan istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda, mengurangi stres, menjauhkan dari depresi serta menjaga kesehatan kulit. Posisi tidur Anda pun dapat mempengaruhi timbulnya keriput

     

    4. Kebiasaan menonton film secara 'marathon', kehadiran Netflix di Indonesia memang menjadi kabar gembira untuk semua penggemar film dan serial TV. Namun kebiasaan menonton rentetan film selama berjam-jam dalam satu hari atau sering dikenal dengan binge watching, memiliki dampak negatif (baca: dampak negatif binge watching).

    Apalagi kebiasaan binge watching juga identik dengan mengkonsumsi kudapan secara berlebihan. Selain itu duduk terlalu pun tidak baik untuk struktur tulang punggung Anda.

     

    5. Melupakan krim tabir surya, sering kali Anda menggunakan sunscreen hanya pada saat berlibur di pantai. Padahal penggunaan krim tabir surya untuk sehari-hari sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menjadi faktor penuaan dini.

    Tanpa disadari, semisal ketika Anda mengendarai mobil di siang hari, bagian wajah dan leher adalah bagian yang paling terpapar teriknya matahari. Sebaiknya Anda segera menambahkan krim tabir surya ke dalam ritual perawatan wajah.

     

    6. Penggunaan sedotan ketika minum, menggunakan sedotan memang lebih nyaman apalagi bagi para wanita yang menggunakan lipstik dan tidak ingin merusaknya. Namun, siapa sangka terlalu sering menggunakan sedotan ternyata bisa mempercepat munculnya garis-garis halus di sekitar bibir akibat kebiasaan mengerutkan bibir ketika mengisap minum dengan sedotan.

     

    Baca juga:

    Senam Wajah untuk Mencegah Penuaan Dini

    Kiat Memperlambat Penuaan Dini

     

    (Ardani Sesotyasari, Foto : Maslowski Marcin / Shutterstock / Click Photos )