• Beauty / News

    Fakta Tentang Vitamin C


    Fakta Tentang Vitamin C


    Harper's Bazaar mengupas fakta-fakta seputar Vitamin C yang wajib Anda ketahui.

     

    Vitamin C memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh manusia. Bahkan, Vitamin C dipercaya sebagai bahan dasar yang penting untuk mendapatkan kulit yang sempurna. Namun, jenis vitamin yang satu ini tak mampu diproduksi secara langsung oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, Vitamin C hanya dapat diambil dari segelintir jenis makanan (terutama buah-buahan dan sayuran) serta suplemen. Adapun dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi Vitamin C adalah 90 mg untuk laki-laki, serta 75 mg untuk perempuan. Namun, banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa dosis ini dapat ditoleransi hingga 200 mg per hari. Tapi sayangnya tubuh manusia tidak diciptakan untuk dapat menyimpan atau menyerap kelebihan dosis Vitamin C. Jadi, kalau tubuh sudah merasa cukup dengan asupan di hari itu, maka sisanya akan dibuang melalui proses ekskresi seperti urin atau keringat.

    Beralih kepada fungsi Vitamin C di dunia kecantikan yang mendapat klaim sebagai komponen utama untuk mencerahkan kulit. Mungkin Anda belum menyadari bahwa khasiat dan efektivitas Vitamin C akan hilang jika terkena udara, air, dan sinar matahari akibat oksidasi yang mirip dengan proses penguapan. Begitupun dengan 'mitos' yang menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, maka kulit akan langsung terlihat indah. Secara teori memang benar jenis makanan tersebut mengandung Vitamin C, namun pada kenyataannya ketika sayur dan buah-buahan tadi masuk ke dalam tubuh, organ internal manusia selain kulit (yang letaknya relatif jauh dari organ pencernaan) berlomba-lomba untuk menyerap Vitamin C. Sehingga kulit tidak mendapatkan 'porsi' Vitamin C yang cukup banyak untuk menjaga keindahannya.

    Oleh karena itu, demi mendapatkan kulit cerah dan indah, manusia tetap membutuhkan asupan Vitamin C ekstra yang langusng ditargetkan pada kulit dan biasanya selama ini dilakukan via injeksi. Tapi sebuah label kecantikan premium asal Korea, Sam Kim, memperkenalkan V-Sam C Capsule yang mengetengahkan Patent Technology Coating yaitu terobosan berupa lapisan pelindung molekul Vitamin C sehingga lebih efektif dan mampu memerangi faktor eksternal seperti air, udara, dan sinar matahari. Diperkaya dengan formula Powerful 3 ACT, produk-produknya juga mengandung zat Antioxidant untuk melindungi sinar ultraviolet, Collagen Synthesis yang bekerja untuk memperkuat molekul kolagen yang menjaga kelenturan kulit, dan Tyrosinase Inhibiting Effect yang mampu mengontrol pigmen melanin dan mencerahkan kulit.

     

    (Teks: Anindya Harahap, Foto: Sveltana Fedoseyeva/Clickphotos/Shutterstock)




- RELATED ARTICLE -