• Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pameran Dior di London

    Fashion / News


    Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pameran Dior di London

    Pameran yang bertajuk Christian Dior: Designer of Dreams akan ditampilkan di Inggris oleh V&A. Pameran ini akan dibuka 2 Februari mendatang.


    V&A menyelenggarakan pameran Dior terbesar dan terlengkap dari sejarah Inggris. Bertajuk Christian Dior: Designer of Dreams,ini menjadi pameran fashion terbesar dan terlengkap dari sejarah Inggris yang diadakan oleh V&A. Pertunjukan ini juga dapat mengalahkan pameran Alexander McQueen: Savage Beauty yang sangat terkenal.

    Ekshibisi Dior akan menampilkan koleksi dari tahun 1947 sampai yang terbaru, menelusuri sejarah dari sang pendiri rumah mode, dan keenam direktur kreatif yang pernah memimpin Dior.

    Di sini, Bazaar akan membagikan hal yang perlu Anda ketahui dari ekshibisi Christian Dior: Designer of Dreams yang akan menjadi pameran terbesar ditahun 2019.


    Apa yang akan ditampilkan dalam pameran?

    Christian Dior: Designer of Dreams akan membawa Anda menjelajahi sejarah 71 tahun dari rumah mode Dior. Berawal dari 1947, ketika Christian Dior membuka butik couture di 30 Avenue Montaigne, Paris, yang juga menjadi butik Dior sampai sekarang.

    Hal utama dari pertunjukan ini yaitu menyelidiki seluruh koleksi Dior dari tahun 1947 sampai 2018 dengan menampilkan 500 objek. Ini akan menjadi tafsiran baru dari sejarah Dior dan membuat lini ini memiliki tampilan baru. Lalu ada pula pembahasan hubungan Dior dengan travel, bunga, dan sejarah di balik itu.



    Selain menampilkan gaun yang ikonik dan berkesan bagi Dior, pameran ini juga akan menyorot kreativitas yang telah dilakukan oleh label ini selama bertahun-tahun. Penghormatan kepada mereka yang pernah bekolaborasi bersama Dior akan menjadi bagian dari pertunjukan. Bagian yang diberi judul Diorama akan memperlihatkan seluruh koleksi aksesori, seperti perhiasan fashion, topi, sepatu, tas, dan arsip riasan wajah, semisal lipstik, dan botol parfum.

    Salah satu hal yang paling ditunggu dalam pameran ini yaitu para desainer dari Dior. Di divisi ini akan menyoroti enam desainer setelah Christian Dior meninggal di tahun 1957. Ini akan merayakan kreativitas dan bagaimana interpretasi tiap desainer dalam mewujudkan visi dari label tersebut, sambil tetap mengacu pada pakem Dior.



    Gaun terkenal yang akan ditampilkan?


    Mungkin bagian yang paling mengesankan adalah perayaan “ the fantasy of the ball”. Bagian ballroom akan menampilkan busana malam formal yang menakjubkan, dan beberapa gaun ikonis dari Dior dengan instalasi cahaya yang dramatis.



    Di ruangan tersebut juga akan ada penghormatan kepada keahlian rumah haute couture Dior, dan visi dari brand mengenai busana formal yaitu: “Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melarikan diri dari kenyatan kehidupan.”


    Berikut beberapa gaun indah yang akan dipajang dalam pameran Dior:


    Gaun ulang tahun Putri Margaret ke 21 tahun

    Dior mendesain gaun ini untuk perayaan ulang tahun Putri Margaret ke-21. Sang Putri diabadikan dalam foto oleh fotografer Cecil Beaton untuk foto resmi ulang tahun dirinya.



    Gaun J’adore untuk Charlize Theron

    Charlize Theron menggunakan gaun haute couture yang merupakan desain spesial sesuai dengan identitas parfum J’Adore. Ia pun sudah menjadi model untuk parfum J’Adore sejak 2004. Gaun ini terbuat dari kristal Swarovski dan dipakai untuk kampanye J’Adore di tahun 2008.



    Gaun Lupita Nyong’o saat Festival Film Cannes

    Aktris Lupita Nyong’o mengenakan gaun Dior untuk pemutaran perdana film Sorry Angel (Plaire, Aimer Et Courir Vite) di Festival Film Cannes.



    Gaun Elle Fanning di Festival Film Cannes

    Maria Grazia Chiuri sang direktur kreatif mendesain gaun bermotif floral yang merupakan inspirasi untuk koleksi spring/summer 2017 couture. Dimana Elle Fanning memakainya saat menghadiri Festival Film Cannes di bulan Mei.




    Apakah perbedaan ekshibisi ini dengan pameran di Paris?


    Christian Dior: Designer of Dreams mengacu pada pameran sebelumnya yang dilakukan oleh Musée des Arts Décoratifs di Paris yang berjudul Christian Dior: Couturier du Rêve. Namun Pameran terbaru ini memiliki konsep baru dari V&A dan akan mengeksplorasi daya tarik Dior dengan budaya Inggris.


    Tampilan maneken bersama contoh sampel gaun dari Christian Dior.


    Tampilan 100 maneken bersama contoh sampel gaun dari Dior. Menunjukan savoir faire dari rumah mode ini.


    Dua podium dihiasi gaun haute couture Dior di tengah museum yang terletak di antara lukisan Thomas Gainsborough,  Franz Xaver Winterhalter, dan Pierre Auguste Renoir.


    Beberapa tampilan gaun yang digunakan para selebriti untuk tampil berbinar di red carpet. Dari Elizabeth Taylor, Grace Kelly, Natalie Portman dan Emma Watson.




    Bar yang ikonis ditampilkan untuk penghormatan kepada koleksi haute couture pertama Maria Grazia Chiuri. Ditampilkan dengan dekorasi yang mengesankan oleh Musee des Arts Decoratifs.

    Bar yang ikonis ditampilkan untuk penghormatan kepada koleksi haute couture pertama Maria Grazia Chiuri. Ditampilkan dengan dekorasi yang mengesankan oleh Musee des Arts Decoratifs.


    “Christian Dior mengagumi kemegahan rumah-rumah dan taman di Inggris, dan juga kapal laut yang dirancang oleh Inggris, termasuk Queen Marry. Ia juga memiliki preferensi untuk busana Savile Row di tahun 1947. Christian juga membuat fashion show pertama di Inggris yang berlokasi di Hotel London Savoy, dan di tahun 1952 ia mendirikan Christian Dior London.”



    Hal yang menjadi perbedaan dengan pameran sebelumnya adalah penampilan dari gaun Putri Margaret yang dirancang untuk ulang tahun ke-21. Gaun ini akan dipinjam dari museum london. Ekshibisi ini pun akan memamerkan beberapa koleksi dari pertunjukan fashion yang mengagumkan, termasuk koleksi pergelaran fashion yang dilakukan di Blenheim Palace pada tahun 1954 dan beberapa tempat di Inggris.


    Kapan pameran akan dibuka?


    Christian Dior: Designer of Dreams akan dibuka untuk umum mulai tanggal 2 Februari sampai 14 Juli 2019 di Victoria dan Albert Museum, London, Inggris. Tiket dapat dibeli sejak musim gugur 2018.




    (Penulis: Amy de Klerk ;Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Denniel Saerang; Foto: Courtesy of Bazaar UK, dan Amazon.com)




- RELATED ARTICLE -