• 10 Wanita Paling Berpengaruh dalam Dunia Fashion

    Fashion / News


    10 Wanita Paling Berpengaruh dalam Dunia Fashion

    Lyst telah menghimpun daftar selebriti papan atas yang memberikan pengaruhnya bagi pilihan berbusana banyak orang.


    Penghujung tahun 2018 semakin dekat. Kini saatnya untuk menengok kembali para persona wanita yang telah mengubah dan mempengaruhi keputusan kita dalam berbelanja busana selama dua belas bulan terakhir. Sebuah platform fashion dunia bernama Lyst merilis daftar para selebriti yang paling berpengaruh untuk urusan berbusana.

    Hasil ini didapat dengan cara memantau jumlah permintaan barang dan jumlah mention di media sosial dari 50 superstar sepanjang tahun ini. Tidak hanya itu, data juga diperoleh dari jumlah pencarian dan respon penjualan terhadap busana-busana yang sering diperbincangkan.  


    10. Ariana Grande


    Ariana Grande senantiasa membuat para penggemarnya kagum, termasuk lewat busana seperti oversized hoodie dan gaun-gaun pesta yang ia kenakan. Ribuan orang terimpresi dengan label-label yang ia usung seperti Reebok, Burberry, dan Vera Wang.  Sementara itu, para pencari oversized hoodie yang menjadi gaya andalan Ariana mengalami peningkatan sebanyak 130 persen dari tahun ke tahun.


    9. Rihanna


    Rihanna kembali membuktikan pengaruhnya di dunia fashion tahun ini sebagai salah satu persona dengan gaya berpakaian yang berani, liar, dan playful. Gaun fuchsia dari Saint Laurent yang ia kenakan saat merayakan ulang tahunnya yang ke-30 bulan Februari lalu telah habis terjual di seluruh dunia. Bahkan, balaclava Gucci yang pernah ia gunakan untuk menutupi wajahnya saat menghadiri festival musik Coachella mengalami kenaikan penjualan hingga 19 persen.

    8. Blake Lively


    Blake Lively sudah dikenal dengan gayanya dalam berbusana. Tahun ini, ia cenderung mengenakan pakaian bergaya tailored. Ia pernah mengenakan setelan busana rapi ketika memerankan karakternya dalam film A Simple Favour dan nampak cocok dengan penampilannya. Busana berwarna krem bergaris dari Ralph Lauren miliknya telah membuat banyak orang terimpresi. Hasilnya, terdapat lebih dari 4000 jumlah pencarian terhadap suit dengan label yang sama.


    7. Chiara Ferragni


    Fashion influencer asal Italia, Chiara Ferragni, menikah pada bulan September lalu. Ia mengenakan tiga gaun Dior di hari pernikahannya yang tersiar secara luas melalui sosial media. Saat itu pula, Dior ikut meraup keuntungan besar. Lyst mencatat adanya kenaikan sebesar 109 persen dalam pencarian label busana asal Prancis tersebut pada minggu berikutnya.


    6. Serena Williams


    Catsuit milik Serena Williams pernah menuai kontroversi pada bulan Agustus yang lalu. Pakaian Lycra tersebut dinilai keterlaluan oleh ketua federasi tenis Prancis, Bernard Giudicelli. Meski demikian, baju hasil kolaborasi Off-White dan Nike tersebut memberikan dampak selama berminggu-minggu pada permintaan akan outfit hitam untuk olahraga tenis. Pencarian kata kunci seperti black tennis skirts dan black tennis dresses pun mengalami peningkatan hingga 108 persen.


    5. Beyoncé


    Penampilan Beyonce di panggung Coachella menjadi pusat perhatian dunia, membuatnya sebagai wanita berkulit hitam pertama yang mampu menuai pujian begitu besar. Keputusannya untuk mengenakan cropped sweater Balmain berwarna kuning saat itu mempengaruhi data pencarian label busana dari Prancis tersebut, di mana hoodie Balmain mengalami peningkatan pencarian hingga 58 persen.  Sementara busana merah muda dari video klipnya yang berjudul Apeshit membuat pencarian terhadap pakaian dengan warna yang sama melonjak sepanjang musim panas.


    4. Cardi B


    Banyak anak muda yang dibuat terpukau oleh penampilan berani dan penuh energi dari Cardi B. Preferensi busana rapper muda tersebut memicu mereka untuk mencari label-label yang pernah ia kenakan, mulai dari Christian Siriano hingga Jeremy Scott. Tidak hanya busana mewah, retailer highstreet untuk pakaian dengan harga terjangkau yang ia angkat seperti FashionNova juga mendapatkan keuntungan lewat daya tariknya.  


    3. The Duchess of Sussex


    Tahun lalu, publik mengenal Meghan Markle sebagai tunangan salah satu anggota kerajaan Inggris. Dua belas bulan kemudian, ia mengubah statusnya menjadi seorang Duchess yang telah menikah dan mengandung seorang buah hati. Yang menarik dari mantan aktris Suits ini adalah gaya busananya yang modern dan telah dipoles sesuai dengan style tradisional ala keluarga kerajaan. Gaun pernikahan yang ia kenakan membuat busana berlabel Givenchy dan StellaMcCartney banyak dicari. Sementara itu, penampilannya sehari-hari juga menjadi inspirasi bagi jutaan orang untuk mencoba boat neck dan tuxedo dress. Sesuai dengan laporannya, Lyst menyimpulkan bahwa apabila Meghan menggunakan rancangan desainer maka pencarian dan permintaan terhadap label tersebut akan melambung hingga lebih dari 200 persen selama berminggu-minggu.


    2. Kim Kardashian


    Bila berbicara soal fashion, Kylie Jenner mungkin lebih unggul dari Kim Kardashian. Namun, saudara perempuannya ini jelas masih memiliki kemampuan yang besar dalam mendorong penjualan busana melalui pilihan-pilihan gayanya. Kim membantu menghidupkan kembali label Fendi ketika ia mengunggah foto dirinya dalam balutan monogram FF „Zucca“ di Instagram. Alhasil, mereka yang mencari Fendi naik 16 persen setiap bulan.

    1. Kylie Jenner


    Gaya Kylie Jenner bisa saja menjadi kurang menarik di mata orang-orang berusia lebih dari 25 tahun. Hanya saja, angka catatan Lyst membuktikan bahwa ia adalah selebriti yang paling berpengaruh untuk urusan style. Sebagai bintang televisi acara reality dan entrepreneur kecantikan, ia menebarkan perngaruhnya terhadap pencarian busana tahun ini. Pencarian busana yang ia kenakan melonjak hingga menembus angka hingga dua juta kali, mulai dari tracksuits Adidas dan kacamata Dior hingga pakaian dalam Victoria‘s Secret dan mini dress Alexander Wang. Mini dress berwarna merah muda yang ia kenakan di pesta ulang tahunnya pun membuat pencarian dengan kata kunci 'pink dresses' naik hingga 107 persen hanya dalam waktu 48 jam.


    (Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disandur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Bazaar UK)



    Tags : fashion


- RELATED ARTICLE -