• Fashion / News

    Best of 2017


    Best of 2017

    Kumpulan peristiwa mode sepanjang tahun 2017.


    Berikut adalah rangkuman peristiwa mode yang menjadi highlight di sosial media sepanjang tahun ini. 

    1. Feminism 

    Mode menjadi wadah untuk menyuarakan isu politik dan sosial. Maria Grazia Chiuri adalah salah satu sosok desainer wanita yang menyuarakan feminism secara lantang lewat koleksi perdananya untuk Dior. 



    2. The Comeback
    Setelah berbagai peristiwa duka yang menimpa dirinya di sepanjang tahun 2016, Sang Diva kembali ke hadapan publik dengan semangat baru dalam balutan busana Haute Couture dari rumah mode terbaik. Aksinya direkam dalam sosial media dan dunia menobatkan tahun 2017 sebagai Celine’s year. 


    3. Best Collaboration 
    Salah satu kolaborasi yang paling diantisipasi sepanjang tahun ini adalah kolaborasi antara label Louis Vuitton dan Supreme. Koleksinya pun langsung habis terjual sejak pertama kali dilansir pada akhir bulan Juni lalu. 




    4. Resolusi Fashion
    Tahun ini merupakan napak tilas untuk rumah mode Christian Dior dan label Comme des Garçons yang diprakarsai oleh Rei Kawakubo. Keduanya menggelar ekshibisi tunggal yang menjadi destinasi pencinta mode dari berbagai belahan dunia. 







    5. Supermodel is Back 
    Setelah hampir seperempat abad berlalu, barisan supermodel di era 90-an akhirnya kembali ke atas panggung Versace. Sang desainer Donatella Versace menghadirkannya kembali sebagai bentuk tribut untuk mendiang sang kakak Gianni Versace. 



    6. The Farewell 
    Kabar duka datang dari desainer senior dan couturier Azzedine Alaia yang meninggal dunia dalam usia 77 tahun bulan November lalu. 




    7. Au Revoir 
    Setelah 17 tahun, Christopher Bailey resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden dan CEO label asal Inggris, Burberry. Kabar serupa juga datang dari Phoebe Philo yang akhirnya resmi meninggalkan Celine setelah berkarya satu dekade. 






    8. New Fashion Lady
    Sejak pengumuman pertunangan Pangeran Harry dan aktris Meghan Markle di awal November lalu, sosoknya yang tampil di publik menjadi sorotan di berbagai sosial media.  



    9. Kontroversi Balenciaga 
    Pengamat mode menilai produk yang dilansir oleh desainer Demna Gvasalia untuk rumah mode Balenciaga bukanlah terobosan yang baru namun memiliki ‘hype’ dan dampak besar untuk generasi milenial. 




    10. Debut Kaia
    Nama Kaia Gerber langsung melejit berkat debutnya di atas panggung runway Spring/Summer 2018 lalu. Putri bungsu dari model senior Cindy Crawford yang baru berusia 16 tahun ini sudah menghiasi halaman majalah mode dan menjadi salah satu gadis favorit Karl Lagerfeld. 



    11. Fashion Future  
    Mantan jurnalis majalah sekaligus entrepreneur Miroslava Duma mendirikan Future Tech Labs. Sebuah perusahaan berbasis teknologi yang bertujuan mengurangi jejak sosial dan lingkungan yang diakibatkan oleh fashion, dengan mengolah bahan-bahan atau limbah tekstil menjadi barang-barang siap pakai. FTL disebut sebagai pintu masa depan mode. 



    12. Model of the year
    Aktivis sosial sekaligus model, Adwoa Aboah, dinobatkan oleh British Fashion Council sebagai Model Of The Year 2017 mengalahkan Gigi dan Bella Hadid. Sosoknya dianggap memberikan pengaruh yang kuat bagi banyak perempuan muda khususnya perempuan yang terjerat depresi akibat narkotika. 



    13. C for Colette 
    Kabar mengejutkan datang dari Sarah Andelman pemilik Colette, yaitu butik multilabel berkonsep kurasi yang menjadi salah satu trademark fashion Paris. Pertengahan tahun ini Sarah resmi menutup bisnis butik yang sudah berjalan selama 20 tahun, seakan memperkuat dugaan akan dampak krisis ekonomi yang sedang ditempuh oleh fashion saat ini. Beberapa rumah mode seperti Chanel dan Thom Browne mengadakan kolaborasi khusus dengan Colette menjelang penutupannya secara resmi tanggal 20 Desember lalu. 



    14. Rise of Indonesian’s Artist
    Karya Rinaldy A.Yunardi mendapat sorotan dari berbagai belahan dunia. Setelah dikenakan oleh Katy Perry, Taylor Swift, Kylie Jenner, Gal Gadot, dan memperoleh penghargaan World of Wearable Arts, Rinaldy baru saja menggelar show tunggal meriah sebagai perayaan 20 tahun berkarya. 




    (Foto: Courtesy of Instagram) 








- RELATED ARTICLE -