• Fashion / Tips

    10 Buku Fashion yang Wajib Anda Baca


    10 Buku Fashion yang Wajib Anda Baca

    Habiskan waktu senggang Anda dengan membaca buku-buku bertema fashion pilihan Bazaar berikut ini.


    Ketika Anda mencintai fashion dan/atau bahkan bergelut di industri yang penuh kreativitas ini, inspirasi bisa datang dari mana saja tidak terkecuali buku! Visual yang mengagumkan diperkaya dengan informasi komprehensif yang akan memperkaya pengetahuan Anda tentang fashion pun menjadikan setiap buku fashion begitu berharga.

    Berikut adalah sepuluh buku fashion pilihan Bazaar yang dapat menjadi teman membaca yang menyenangkan dan tentu saja inspiratif. Simak rekomendasi kami!

    1. Harper's Bazaar: 150 Years

    Tahun 2017 ini Harper's Bazaar genap berusia 150 tahun, dan untuk menandai momen penting ini Bazaar melansir sebuah buku bertajuk Harper's Bazaar: 150 Years. Anda dapat menelusuri sejarah awal berdirinya titel legendaris asal Amerika Serikat ini seraya menikmati perkembangannya baik secara konten maupun visual, dari masa lampau hingga ke era modern.

    2. Margiela: The Hermes Years

    Buku ini mengisahkan bagaimana desainer bertangan dingin Martin Margiela memberikan arahan kreatif baru pada rumah mode prestisius Prancis yakni Hermès, seraya tetap menjalankan label eponymous miliknya yakni Maison Martin Margiela.

    Visual yang menarik dari buku ini menunjukkan betapa versatile dan timeless rancangan Margiela untuk Hermès, serta betapa piawainya ia berkarya untuk dua rumah mode sekaligus, menyuguhkan rancangan-rancangan dengan napas yang berbeda, namun setiap pencinta fashion tetap dapat melihat benang merah akan kekhasan artistik sang perancang.

    3. All About Yves -- Penulis: Catherine Ormen

    Ini adalah buku wajib bagi para pengagum berat desainer legendaris Yves Saint Laurent. Di buku ini, Anda dapat menikmati sejumlah sketsa eksklusif yang tidak pernah dipamerkan sebelumnya (kendati Yves Saint Laurent kerap mengadakan pameran di berbagai negara), hasil fotografi dari sang desainer, hingga berbagai memento seperti surat yang ditulis tangan maupun lembaran berita dari majalah fashion yang mengulas koleksi Yves Saint Laurent.

    4. Advanced Style -- Penulis: Ari Seth Cohen

    Siapa bilang fashion hanya milik kalangan muda saja? Penulis, blogger, sekaligus fotografer Ari Seth Cohen membuktikan bahwa kaum lanjut usia juga mampu tampil tak kalah memukau dengan gaya personalnya masing-masing. Buku ini menampilkan berbagai foto street style maupun portrait perempuan dan laki-laki berusia senja dengan gaya mereka yang unik dan mengesankan. Tak ketinggalan, Ari Seth Cohen juga menuliskan sekelumit cerita inspiratif tentang persona-persona yang ditampilkannya tersebut.

    5. Fashion -- Penulis: Christopher Breward

    Bagi Anda yang ingin mendalami seluk beluk fashion, rasanya buku ini patut untuk Anda miliki dan baca dengan cermat. Segenap informasi penting mulai dari sejarah dan perkembangan haute couture hingga label-label high street, perkembangan teknologi material, biografi desainer-desainer legendaris seperti Coco Chanel sampai Alexander McQueen, hingga berbagai fenomena fashion lainnya dalam 150 tahun terakhir dikupas dan diulas secara komprehensif.

    Tak hanya itu saja, Christopher Breward juga menganalisa tentang pengaruh kampanye iklan, hubungan antara fashion dan film, perkembangan fashion sebagai bisnis, juga bagaimana cara berpakaian seseorang mendefinisikan identitas dan statusnya. Dengan segenap topik yang dihadirkan dalam satu buku menjadikan buku ini sangat menarik dan mampu membuka cakrawala bagi para pencinta fashion.

    6. Balenciaga: Shaping Fashion -- Penulis: Lesley Ellis Miller

    Satu lagi buku yang tak kalah penting. Sebagai salah satu desainer legendaris paling berpengaruh dalam sejarah fashion, Cristóbal Balenciaga banyak meninggalkan warisan artistik dengan karya-karya inovatifnya yang akan terus mengilhami generasi muda dalam berkarya. Buku ini menampilkan beragam ilustrasi yang menunjukkan kekuatan desain Balenciaga terutama dalam hal tailoring, bentuk-bentuk sculptural, manipulasi bahan, dan permainan warna yang dramatis.

    7. Peter Lindbergh: A Different Vision on Fashion Photography

    Fotografer fashion ternama asal Jerman, Peter Lindbergh, menampilkan lebih dari 400 foto dari empat dekade sejak awal ia memulai kariernya di dunia fotografi. Dalam buku ini Anda dapat menikmati karya-karya retrospektif dan mengamati keunikan gaya fotografi Peter Lindbergh yang terkenal akan bidikannya yang bercerita, romantis, serta dramatis.

    8. Schiaparelli and The Artists -- Penulis: Andre Leon Talley

    Dalam sejarah fashion, Elsa Schiaparelli merupakan salah satu desainer (atau lebih tepatnya couturier) terkemuka di abad ke-20. Kepiawaiannya mengolah fashion sebagai piece of art menjadikan karya-karyanya sebagai arsip fashion yang mempengaruhi banyak ternama di era modern, seperti misalnya Miuccia Prada. Buku ini mengulas tentang kolaborasi Elsa Schiaparelli dengan sejumlah seniman ternama mulai dari Salvador Dali, Alberto Giacometti, dan Rene Magritte.

    Berbagai foto eksklusif, anekdot dari sang desainer, hingga esai dari para jurnalis, kritikus fashion maupun kurator tentang karya-karya Elsa Schiaparelli menjadi salah satu highlight dari buku ini.

    9. Rei Kawakubo/Comme des Garçons - Art of the In-Between

    Rei Kawakubo dikenal sebagai salah satu desainer paling inovatif dan visioner di era modern ini. Melalui labelnya, Comme des Garçons, sang desainer telah melahirkan karya-karya fashion bertemakan kontemporer dengan ide yang benar-benar out of the box. Buku ini menelusuri secara mendalam bagaimana Rei Kawakubo berkarya maupun bagaimana ia mendefinisikan fashion. Hasil karya fotografi serta tulisan komprehensif yang diukir oleh Andrew Bolton akan membuat para pembaca kian terbuai dengan kehebatan estetika konseptual yang senantiasa dikedepankan oleh desainer fenomenal asal Jepang satu ini.

    10. Avedon Fashion 1944-2000 -- Penulis: Richard Avedon

    Buku ini adalah sebuah buku retrospektif yang mengulas fashion image paling fenomenal dari fotografer fashion ternama Richard Avedon selama enam dekade ia berkarya. Sedikitnya 200 hasil bidikan Richard Avedon, mulai dari foto halaman fashion, magazine layout, hingga foto personal klien langsung Richard Avedon ditampilkan di buku ini. Bagi Anda penikmat fotografi fashion, buku ini akan memanjakan mata Anda dengan visual yang atraktif dan mengesankan.

    (Foto: courtesy of abramsbooks.com, bookdepository.com, dok. Bazaar)




- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -