• Fashion / Tips

    7 Jenis Sepatu Pria Yang Wajib Diketahui


    7 Jenis Sepatu Pria Yang Wajib Diketahui

    Tahukah Anda mengenai perbedaan mendasar dari tipe sepatu pria berikut?


    Memiliki sepatu formal yang berkualitas merupakan salah satu kebutuhan esensial pria, terutama jika kesibukan Anda kerap berkutat dalam perhelatan formal.

    Sejumlah tipe sepatu banyak tersedia di pasaran dan memerlukan mata jeli untuk menemukan sepasang yang pantas untuk diinvestasikan.

    Di samping itu, Anda perlu untuk menyesuaikan dengan proporsi tubuh dan jenis kegiatan. Dengan perawatan yang mumpuni, sepatu kulit berkualitas mampu memiliki daya tahan yang kuat.

     

    (Oxford - Church's)

     

    Oxford atau Balmoral

    Sepatu oxford sering salah dikategorikan sebagai tipe sepatu derby. Sepatu jenis oxford memiliki konstruksi closed lacing pada facing sepatu, sehingga berkesan formal dan kurang fleksibel.

     

    (Derby - Prada)

     

    Derby atau Blucher

    Sepatu derby memiliki konstruksi open lacing. Penampilannya sangat adaptif, sehingga sepatu jenis ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik profesional hingga pesta.

     

    (Double Monk-Strap - Tom Ford)

     

    Monk-Strap

    Sepatu ini tidak memiliki tali, melainkan menggunakan ikatan dan gesper kecil yang berjumlah satu atau dua. Variasinya dinamakan single monk-strap dan double monk-strap.

     

    (Loafer - J.M. Weston)

     

    Loafer

    Sepatu jenis ini terinspirasi dari moccasin yang dengan cara pakai yang diselipkan. Pada zaman dahulu, loafer dikategorikan sebagai sepatu kasual, hingga pebisnis dan pengacara Amerika mengenakannya untuk keperluan formal di era '60-an.

     

    (Brogue Boot - O'Keeffe)

     

    Dress Boot

    Memiliki bentuk dasar oxford atau derby dengan shaft yang lebih panjang. Perpanjangan tersebut dilanjutkan pula ke ukuran tali yang menjalar dari facing ke bagian lidah sepatu.

     

    (Chelsea Boot - APC)

     

    Chelsea Boot

    Berikut adalah desain boots tanpa tali, dengan bentuk khas yang mudah untuk dikenakan berkat fitur elastis. Sepatu ini memiliki kadar kepraktisan yang lebih dibandingkan boots bertali.

     

    (Chukka Boot - Officine Creative)

     

    Chukka Boot

    Kisah chukka boot bermula dari permainan polo yang merupakan versi lebih nyaman dari boots pada umumnya. Terdapat dua hingga tiga pasang lubang tali di bagian facing dan umumnya dibuat dari material suede lembut. Chukka boot versi mengilap cocok untuk tampilan yang formal.

     

     

    Baca juga:

     

    Apa Kata tas Pria tentang Kepribadian Penggunanya?

     

    10 Tips Styling untuk Pria

     

    Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut

     

     

    (Foto: Dok. Bazaar, Dmitry Morgan/Clickphotos/Shutterstock)




- RELATED ARTICLE -