• Beauty / Tips

    Mengungkap Mitos Seputar Rambut


    Mengungkap Mitos Seputar Rambut


    Niat untuk menjaga keindahan rambut, tak jarang membuat para wanita justru terjebak dalam mitos seputar rambut yang berkembang di masyarakat. Tim Bazaar mengumpulkan fakta yang sebenarnya, untuk membantu para wanita melakukan perawatan rambut yang tepat.

    Mitos Pertama: Mencabut sehelai uban pada rambut akan merangsang pertumbuhan akar rambut yang berujung bercabang.
    Fakta : hal tersebut tentu saja tidak benar, karena setiap folikel rambut hanya memiliki satu helai rambut. Namun Bruce Masefield, sang Creative Director dari Sassoon UK punya jawabannya, "Sekali Anda menemukan sehelai uban, Anda akan memulai mencari lebih banyak lagi dan hal itu tidak disarankan untuk terus dilakukan," ujar Bruce.

    Mitos Kedua: Rambut bercabang dapat diatasi dengan produk perawatan rambut.
    Fakta : Beberapa produk yang beredar di pasaran memang dapat membantu merawat kondisi rambut Anda, tapi melakukan trim secara rutin setiap enam sampai delapan minggu adalah satu-satunya cara untuk menghindari ujung rambut bercabang.

    Mitos Ketiga: Membasahi rambut dengan air dingin dapat membuat rambut berkilau.
    Fakta : Ya dan tidak. Membasahi rambut dengan air dingin memiliki efek yang sama ketika Anda mengeringkan rambut menggunakan hairdryer dengan pengaturan cold air. Hal tersebut dibuktikan dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

    Mitos Keempat: Melakukan trim secara rutin dapat membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.
    Fakta : melakukan trim secara rutin tidak akan membuat rambut tumbuh lebih cepat, tapi akan membuat rambut lebih kuat sehingga tidak mudah patah dan bercabang.

    Mitos Kelima: Proses bleaching dapat merusak rambut.
    Fakta : bleaching memang dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak, namun banyak perawatan yang dapat menutrisi rambut (khusus rambut berwarna) untuk mengembalikan kesehatan rambut. Gunakan sampo dan kondisioner dengan kualitas yang bagus, dan pakai masker rambut seminggu sekali untuk menjaga keindahan rambut Anda.

     

    (Disadur dari Harper's Bazaar UK. Alih Bahasa: Ardani Sesotyasari. Foto: Nadya Korobkova/Shutterstock/Click Photos)