• 5 Tanda Apabila Anda Kekurangan Vitamin D

    Beauty / News


    5 Tanda Apabila Anda Kekurangan Vitamin D

    Dan bagaimana cara memastikan Anda mendapatkan yang cukup.


    Kurangnya sinar matahari selama musim dingin di Inggris Raya tidak hanya bermasalah untuk kulit Anda.
    Hal ini juga bertanggung jawab untuk masalah kesehatan jangka panjang, seperti kekurangan vitamin, yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar di kemudian hari.
    Menurut survei nasional, seperlima orang dewasa di Inggris kekurangan vitamin D, dan jika hal tersebut bukan tanda untuk pergi berlibur, lalu apa itu?


    Dikenal sebagai ‘vitamin sinar matahari’, karena paling baik diserap melalui kulit dari paparan sinar matahari, vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium serta untuk tulang yang kuat seiring bertambahnya usia. Sains menunjukkan, hal ini mempengaruhi wanita khususnya karena kesehatan tulang kita merosot lebih cepat dari pria. Berita yang sangat brilian!


    Andrew Thomas, pendiri dan direktur pelaksana di BetterYou, mengatakan, “Gaya hidup dalam ruang modern, makanan olahan dan penggunaan krim pelindung matahari yang berlebihan di belahan bumi utara mengakibatkan peningkatan yang dramatis dalam defisiensi vitamin D, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit dan nyeri, dan infeksi yang sering terjadi.


    Lima tanda yang harus diwaspadai yang dapat berarti Anda kekurangan vitamin D:


    1. Anda merasa sedih
    Serotonin adalah hormon pada otak Anda yang dikaitkan dengan suasana hati, serotonin ditemukan meningkat apabila terkena paparan cahaya terang dan berkurang dengan paparan sinar matahari yang menurun. Menurut sebuah studi oleh American Journal of Geriatric Psychiatry, peserta dengan tingkat vitamin D terendah 11 kali lebih rentan terhadap depresi.

    2. Tulang Anda terasa sakit
    Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis dan tulang yang melemah.  Oleh karena itu, apabila tulang Anda sering terasa sakit, umumnya terkait dengan kekurangan vitamin D.

    3. Anda merasa lemah
    Para peneliti di Harvard telah menghubungkan suplemen vitamin D dengan peningkatan kontrol otot. Vitamin D membantu Anda mempertahankan kendali otot-otot Anda.

    4. Anda berkeringat lebih dari biasanya
    Kepala yang berkeringat telah dilaporkan sebagai salah satu tanda pertama defisiensi vitamin D. Para peneliti di Mayo Clinic melaporkan ini menjadi salah satu cara pertama untuk menemukan kasus ini pada bayi.

    5. Anda memiliki masalah pada perut
    Vitamin D larut dalam lemak sehingga jika Anda memiliki masalah dalam usus Anda, tubuh Anda mungkin memiliki kemampuan terbatas dalam menyerap vitamin D.



    Bagaimana Anda bisa menjaga kadar vitamin D?


    Pergi liburan ke tempat yang cerah!  Sebagian besar vitamin D berasal dari kontak langsung dengan sinar matahari pada kulit kita. Meskipun begitu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga berakibat tidak baik untuk kulit Anda.


    Minumlah suplemen. Para ahli dari Science Advisory Committee on Nutrition, yang memimpin studi selama lima tahun dalam penyerapan vitamin D, menyimpulkan bahwa makanan kaya vitamin dan suplemen sangat bermanfaat.


    NHS merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung 10 mikrogram vitamin D. Ada sejumlah suplemen vitamin D di pasaran dalam bentuk kapsul atau Anda dapat memilih untuk oral spray seperti Better You DLux Range.
    Pastikan Anda memasukkan sumber vitamin D yang baik dalam diet Anda. Sumber terbaik adalah ikan dan daging merah, namun argumen lain untuk memberi ruang bagi lebih banyak protein dalam diet Anda. Vegetarian dapat mengonsumsi telur, sereal dan roti yang diperkaya kalsium untuk memperkuat tulang Anda.



    Karena vitamin D larut dalam lemak, mengonsumsinya bersama makanan berlemak tinggi akan semakin mendukung kesehatan tulang Anda. Contohnya, mengonsumsi putih telur dan kuning telur, serta mencampur sereal Anda dengan lemak baik.
    Lewatkan susu skim dan minimalkan sebanyak dua persen, atau ganti selai Anda dengan alpukat yang sudah dihancurkan, kemudian letakkan di atas roti panggang Anda.

    (Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih Bahasa: Livia Geraldine; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)




- RELATED ARTICLE -