• Fakta Menarik Es Krim Turki yang Perlu Diketahui

    Culture / News


    Fakta Menarik Es Krim Turki yang Perlu Diketahui

    Tidak bermaksud mengerjai, memang begini cara menikmati segenggam keunikan rasa es krim ala Turki


    Kesal tapi senang. Demikian kita dibuatnya. Dondurma atau lebih dikenal dengan es krim Turki memang unik adanya. Sudah bayar malah dikerjai. Jangan berkesal hati terlebih dahulu, karena di situlah letak keseruannya. 

    Masih teringat video yang ramai beredar di media sosial? Dimana ada seorang anak kecil yang geram saat mencoba meraih es krim Turki dari genggaman penjualnya. Kita bisa saja tertawa melihatnya. Namun, apabila mengalaminya langsung, bisa jadi kita lebih emosi dari anak kecil tersebut.

    Tetapi satu hal yang jelas. Saat es krim berhasil didapatkan di tangan, seketika rasa kesal itu pun dipastikan mencair. Seiring dengan melelehnya rasa segar serta manis dari es krim yang satu ini. Kelezatannya pun membuat kita seketika lupa akan perasaan kesal barusan.  

    Bagi yang belum pernah mencoba, berikut rangkuman Bazaar seputar rentetan fakta menarik yang membuat Anda harus segera mencicipi es krim ini. 


    1. Kaya budaya 

    Siapa sangka es krim ini menyimpan kisah kekayaan budaya di baliknya? Terkesan tidak serius akibat cara penyajiannya yang berkonsep atraksi, ternyata es krim Turki atau dondurma merepresentasikan salah satu tradisi lokal para penduduk di negara asalnya.

    Berasal dari kota Kahramanmaras di Turki, es krim ini merupakan menu penutup wajib yang selalu ada di setiap acara keluarga para penduduk lokal.



    2. Keunikan penyajian



    Bicara keunikan es krim Turki tidak pernah terlepas dari cara penyajiannnya. Bukan sengaja membuat kesal. Sebelum Anda dapat menikmati manis dan segarnya es krim ini, Anda harus terlebih dulu menghadapi tingkah iseng para penjualnya.
    Diperlukan usaha untuk merebut es krim dari genggaman tangan si penjual. Dengan lincahnya mereka sanggup meluputkan tangkapan gerakan tangan yang kita kira sudah cukup cepat. Kalau sudah dikerjai seperti ini, lantas nikmati saja.
    Jangan malah terbawa emosi. Pada akhirnya es krim juga akan diberikan ke tangan Anda. Ketika bicara kuliner, jangan cuma dibatasi soal kenyangnya perut Anda. Tetapi nikmati setiap proses yang menjadikan menu tersebut unik dan layak dicoba.


    3. Dibuat dari getah pohon 

    Jika Anda bertanya apa yang membuatnya begitu istimewa dibandingkan es krim lainnya. Jawabannya terletak pada bahan yang digunakan. Selain bahan susu dan gula yang tentunya menjadi bahan dasar dari sebuah es krim, mastic menjadi kunci kenikmatan es krim Turki.

    Istilah barusan bukan merupakan salah satu bahan makanan yang dapat ditemukan begitu saja di supermarket terdekat. Melainkan nama pohon khas negara Turki yang tumbuh di daerah pegunungan.


    Getah yang dihasilkan pohon mastic menjadi salah satu kunci bahan utama dari es krim Turki. Benar, Anda tidak salah dengar. Getah pohon lengket yang mengganggu saat tidak sengaja tertempel di kemeja, justru diolah menjadi kekayaan kuliner.

    Bukan hanya berperan menambah keunikan rasa. Getah mastic juga menjadi alasan mengapa es krim Turki bertekstur lebih lengket dibanding es krim pada umumnya. Tidak cepat mencair. Anda pun dapat lebih berlama-lama merasakan manisnya es krim nikmat ini.


    4. Mengandung ekstrak bunga?

    Benar sekali. Kejeniusan warga Turki dalam menciptakan es krimnya ternyata tidak berhenti sampai disitu. Menambah kekhasan rasa dari mastic, taburan tepung yang berasal dari bunga anggrek yang hanya tumbuh di daerah pegunungan Turki pun turut andil.

    Kedua hasil alam inilah yang membedakannya dengan es krim lainnya. Kombinasi rasa uniknya membuat es krim Turki sukses menjelajah ke seluruh dunia. Dimana masa kesenangan bermain dengan si penjual dan keunikan rasa menjadi dua kunci utama keberhasilannya.



    5. Ragam varian rasa


    Membahas soal keunikan rasa, es krim Turki memiliki kekayaan varian. Bagi Anda yang tidak menyukai rasa manis, sedikit sensasi pahit dari es krim rasa cokelat dapat menjadi opsi. Ingin yang lebih sehat dengan sentuhan sensasi asam? Sorbei atau strawberry dapat menjadi pilihan rasa selanjutnya.

    Menambah kelezatan, es krim Turki biasa disajikan bersama dengan garingnya cone atau biskuit berbentuk kerucut. Tidak hanya sebagai penghias, cone ini akan menjadi penetralisir dari rasa manis yang diberikan oleh es krim.



    6. Seragam unik khas penjualnya


    Kembali lagi, soal kuliner jangan hanya mengejar keunikan rasa. Hal lain yang membentuk keunikan es krim Turki adalah soal penampilan para pernjualnya. Seakan tidak mau kalah dengan produk dagangannya, penjualnya pun tampil menyolok.

    Identik dengan kostum serba merah khas Turki dengan padanan topi dan rompi beraksen manik-manik, mereka sukses menyita perhatian. Jelas bukan hanya karena kilauan manik-maniknya, melainkan juga tingkah jenaka dari para penjual es krim ini ini.

    Raut wajah ceria kala melayani pelanggan membuat kita tidak sanggup merasa marah. Bahkan, saat mereka tengah mengerjai kita. Sebaliknya, tingkah iseng mereka menjadi hiburan tersendiri bagi para pembeli.

    Kabar baik bagi kita semua. Saat ini, Anda dapat dengan mudahnya menemukan gerai es krim Turki di berbagai kota besar di Indonesia. Jadi tidak perlu jauh-jauh terbang ke Turki untuk dapat merasakan segar dan manisnya es krim ini. Selamat mencoba!



    (Foto: Steve Estvanik, Lukas Gojda, Oleg Zhukov, Anastasiia Agafonova©123RF.com; Instagram @turkey_traveling, @icecream.sweets, @zahraturkishicecream)




- RELATED ARTICLE -