• Culture / News

    Menjelajahi Kosmos Lewat Seni


    Menjelajahi Kosmos Lewat Seni
    Radhinal Indra di pameran tunggalnya Matter's Matter

    Radhinal Indra menghubungkan manusia dengan jagat raya.


    Alam semesta yang luar biasa luasnya memang selalu menimbulkan kekaguman bagi manusia. Entah sudah berapa lama waktu yang dihabiskan umat manusia untuk berusaha memahami jagat raya yang konon diameternya mencapai 10 milyar tahun cahaya ini.

    Akan tetapi tahukah Anda bahwa manusia rupanya memiliki hubungan yang jauh lebih dekat, daripada yang Anda bayangkan, dengan objek-objek di angkasa sana? Setidaknya itulah yang berusaha ditunjukan oleh Radhinal Indra dalam Matter's Matter di Ruci Art Space.


    On Being Flesh, 2016, Radhinal Indra


    Ferrum Ferrum Ferrum, 2017, Radhinal Indra


    Delapan belas karya yang dipamerkan Indra dalam pameran tunggalnya tersebut merupakan hasil dari riset yang dilakukannya tentang kosmos dan manusia. Ia mendapati bahwa manusia dan objek angkasa ternyata punya 'hubungan' dalam level molekul. Di mana dalam tubuh manusia turut ditemukan zat besi, magnesium, dan silikon, yang juga terdapat di luar angkasa.


    Ruang pameran di Ruci Art Space


    Male & Female, 2016, Radhinal Indra


    Dibuka sejak 27 September lalu dan diakhiri pada 26 Oktober kemarin, Matter's Matter menghadirkan berbagai bentuk karya, dari lukisan, instalasi, hingga video yang disusun sedemikian rupa dengan bantuan kurator Roy Voragen hingga menyusun konstelasi yang mampu menggugah apresiasi estetis hingga ketertarikan spiritual tentang hubungan manusia dengan sesuatu yang lebih besar darinya.


    (Foto: Courtesy of Ruci Art Space)




- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -