• Culture / News

    Masakan Indonesia untuk Photo of the Day


    Masakan Indonesia untuk Photo of the Day

    Zen Food Plating Competition tingkatkan apresiasi terhadap masakan Indonesia dengan presentasi artistik dan penuh cita rasa.


    Masakan Indonesia adalah sesuatu yang akan selalu kita cari dan rindukan, baik karena cita rasa maupun faktor sentimental. Saat menghadapi sepiring masakan Indonesia dengan penuh selera, kita sering kali tidak memikirkan presentasinya.

    Tetapi untuk menaikkan masakan Indonesia ke panggung kuliner internasional, presentasi masakan Indonesia di piring harus dipikirkan.


    Menurut William Wongso, pakar kuliner yang juga seorang aktivis makanan Indonesia, “Dalam dunia memasak, teknik penataan masakan atau hidangan yang juga kerap disebut sebagai seni Food Plating menjadi sesuatu yang juga perlu diperhatikan. Seni Food Plating adalah cara penataan dan penyajian makanan di atas piring atau piranti lainnya dengan memperhatikan posisi dan komposisi makanan untuk menunjukkan nilai seni dan cita rasa yang tinggi.”

    Perkumpulan ACMI (Aku Cinta Masakan Indonesia) bersama William Wongso Kuliner dan Zen Tableware pun menyelenggarakan Zen Food Plating Competition, untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni dan tata cara penyajian hidangan, terutama hidangan Nusantara.

    Ini merupakan bagian dari misi Zen Porcelain Tableware untuk memuluskan jalan tradisi kuliner Indonesia ke panggung kuliner internasional. Kompetisi ini terbagi ke dalam kategori profesional dan non-profesional.

    Sistem seleksi awal berbasis media sosial yakni di Instagram dan Facebook hingga 20 November 2017. Juri akan memilih 10 finalis dari tiap kategori, yang lalu diundang untuk berkompetisi langsung di babak final pada 9 Desember 2017 di Jakarta.

    Para peserta diwajibkan membuat dua karya food plating untuk main course dan dessert dalam porsi individual.


    Foto: Courtesy of ACMI




- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -