• Beauty / Tips

    15 Wewangian Beraroma Mawar


    15 Wewangian Beraroma Mawar

    Jika Anda adalah penggemar parfum dengan wangi bunga mawar, Bazaar memiliki rekomendasi rose fragrance yang layak Anda coba.


    Figur yang menyukai esensi bunga mawar identik dengan karakter feminin. Aromanya yang lembut juga melambangkan sisi yang penuh romansa. Tapi jangan salah, di balik tajuk kelembutan itu, individu pencinta mawar justru merupakan orang yang ekstrovert, percaya diri dan cenderung perfeksionis. 
     
    Ada pula yang mengatakan jika penyuka bunga mawar juga sangat mementingkan perihal yang bersifat tradisional, malah cenderung kuno. Benarkah demikian?
     
    Mengesampingkan sejenak tentang pembicaraan bunga dan karakter seseorang, nyatanya keharuman bunga mawar hampir menjadi andalan kebanyakan wanita. Bahkah dulunya, Cleopatra saja secara rutin membuat racikan wewangian dari air bunga mawar.
     
    Aroma mawar memang lembut, elegan, serta klasik. Tapi apabila digabungkan bersama bahan lainnya, sebuah wewangian dengan esens mawar dapat menggambarkan imaji yang baru.
     
    Oleh karena itu Bazaar merangkum 15 pilihan parfum beraroma mawar, yang salah satunya bisa saja menjadi favorit Anda:
     
    • Bulgari Rose Goldea

    Bulgari Rose Goldea

    Baru saja dirilis pada tahun ini, Bulgari Rose Goldea menggunakan mawar Damascena yang merupakan salah satu kerabat bunga mawar paling prestisius di dunia. Alberto Morillas yang didaulat menjadi sang perfumer, kemudian mencampurkan beberapa ingredient supaya wewangian tersebut menjadi lebih sophisticated.

    Di antaranya, adanya kesegaran dan energi muda dari white musk, lalu kombinasi Egypt jasminepatchouli, dan sandalwood yang sukses melahirkan sensasi floral-fruity .

    Menurut Valeria Manini selaku Perfume Business Unit Managing Director Bulgari, jika Anda menggunakan parfum ini di Indonesia, maka cocok diaplikasikan saat pagi dan siang hari. Hal itu dikarenakan aromanya lebih ringan dan lembut, dibanding seri Bulgari Goldea yang sudah dirilis sebelumnya.

     

    Harga parfum  Bulgari Rose Goldea di Indonesia adalah 2.225.000 rupiah.

     

     

    • Coach Eau de Parfum

     

    Coach Perfume

    Dahulu mungkin Anda pernah melihat atau mencium parfum keluaran Coach bertajuk Coach The Fragrances. Tapi di tahun 2016 ini, label asal New York tersebut kembali meracik serta membarui wewangian tersebut, dan tetap menggunakan nama yang sama.

    Perpaduan aroma di dalamnya sungguh kontras, mawar Turki yang ditunjuk sebagai pemeran utamanya dengan sukses berkolaborasi bersama keharuman raspberry, pir, pink peppermusk, dan sandalwood.

    Parfum ini sendiri dibuat oleh dua orang yakni, Juliette Karagueuzoglou dan Anne Flipo. Sedangkan kemasan botolnya sengaja didesain ikonis melalui tutup yang dibuat serupa turn-lock pada tas Coach, juga disertai mini tag berbahan kulit sebagai pemanis.

    Harga parfum Coach di Indonesia adalah 1.390.000 rupiah untuk ukuran 100ml dan 1.030.000 rupiah untuk ukuran 50ml.

     

    • L’Occitane Arlésienne Eau de Toilette

    L’Occitane Arlesienne Eau de Toilette

    Kota Arles yang terletak di Provence, yakni bagian selatan Prancis, menjadi inspirasi bagi pemilik label L'Occitane yaitu Olivier Baussan. Ia memperhatikan wanita Arles sebagai pribadi yang elegan sekaligus misterius.

    Tak heran apabila Olivier mengusung wewangian Arlésienne dengan meracik beberapa bahan floral. Pertama tentu saja bunga mawar dari Grasse diusung menjadi unggulan dalam menciptakan imaji graceful, kemudian diikuti jejak sweet violet yang terasa misterius.

    Terakhir, bunga safron Provence dijadikan semburat yang ingin dijadikan Olivier sebagai kesan tempramental. Botol kemasan parfum di bawah ini merupakan edisi spesial 2016 yang sengaja dibuat berukuran mini dan terdapat ukiran pattern bunga khas kota Arles.

    Harga parfum L'Occitane Arlésienne Eau de Toilette Special Holiday adalah 945.000 rupiah.

     
     
    • Caron Délire de Roses

    Caron Delire de Roses

    Pernah mengunjungi butik Caron di Plaza Indonesia? Di sana terdapat jajaran fontain yang berisi cairan esens wewangian. Jika Anda menyukai aroma lembut, maka Délire de Roses dapat menjadi opsi layak dicoba.

    Komposisi Délire de Roses merupakan gabungan dari banyak spesies bunga mawar, di antaranya mawar May dan mawar Centifolia. Selain itu ada juga pencampuran geranium dan mint untuk efek segar.

    Uniknya parfum ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1949, dan dibuat oleh Michel Morsetti sebagai the nose. Ya, House of Caron sendiri di Paris merupakan salah satu butik parfum terlama dan dikenal memiliki beragam wewangian limited serta prestisius.

    Di butik Caron, Anda dapat memilih jenis botol yang disukai, dengan berbagai ukuran dan warna. Setelah itu barulah Anda dapat mengisi pilihan parfum yang Anda sukai langsung dari dalam fountain. Lalu jika sudah habis? Jangan khawatir, bawa saja botolnya kemudian isi kembali dengan keharuman yang sama.

    Harga parfum Caron ditentukan dari jenis botol yang ingin Anda gunakan, rata-rata dimulai dari harga 1.200.000 rupiah.

     

    • Jo Malone Red Roses Cologne

    Jo Malone Red Roses Cologne

    Bagi para penggemar wewangian pasti mengidolakan Jo Malone. Parfum keluaran Estée Lauder Companies tersebut sangat populer di London. Pilihannya juga beragam dimulai dari Eau de Parfum, Eau de Toilette, cologne, hingga home fragrance.

    Khusus varian Red Roses yang dirilis sejak tahun 2011, parfum hasil racikan Lucien Piquet dan Patricia Bilodeau tersebut mengusung Bulgarian rose sebagai esens utama (dicampur violet leaf) yang terasa ketika di area middle notes

    Sedangkan pertama kali Anda menciumnya maka akan ada percikan aroma lemon dan mint, kemudian berakhir pada semburat beeswax.

    Sayangnya, di Indonesia label ini belum tersedia. Di situs Jo Malone sendiri, harga Red Roses Cologne 100ml adalah 130 dolar amerika atau sekitar 1.800.000 rupiah.

     

    • Chanel No 5 L’Eau Eau de Toilette

    Chanel No 5 L’Eau

    Siapa yang tidak mengetahui parfum Chanel No.5 sebagai wewangian tertua di dunia. Pertama kali, parfum tersebut sudah dirilis sejak tahun 1921 oleh Ernest Beaux, dan selanjutnya esens dari Chanel No.5 dikembangkan menjadi beberapa varian tanpa meninggalkan karakter orisinilnya.

    Adalah Olivier Polge yang didaulat menjadi the nose untuk Chanel No.5 L'Eau, ia sendiri adalah putra dari Jacques Polge, seorang master perfumer di Chanel sejak tahun 1978. Saat menciptakan wewangian baru ini, Olivier mengaku ingin membuat karakter aroma yang lebih segar.

    Ia tetap menggunakan identitas asli Chanel No.5 kemudian menggabungkannya bersama May rose, bunga mawar di Grasse yang hanya tumbuh selama dua minggu pada bulan Mei.

    Olivier juga mengatakan bahwa ia membutuhkan sekitar 400 kilogram bunga mawar untuk mendapatkan satu esens mawar yang sempurna. Kemudian ia tetap menggunakan jasminealdehydesandalwood, dan ylang-ylang.

    Parfum Chanel No. 5 L'Eau Eau de Toilette dapat dibeli di situs Chanel seharga 132 dolar amerika atau sekitar 1.800.000 rupiah.

     
     
    • Dior Rose Elixir Précieux

    Dior Rose Elixir Precieux For Women and Men

    Ini adalah parfum oil edisi terbatas yang dapat digunakan tunggal atau dicampur bersama wewangian Dior favorit Anda. Terinspirasi tradisi oriental dan aroma yang berlapis-lapis (campuran) khas Timur Tengah, sang perfumer yaitu Francois Demachy, menciptakan empat aroma tunggal. 

    Pilihannya adalah Rose, Ambre, Musc, dan Oud. Untuk Rose, Francois menunjuk Turkish rose sebagai bunga mawar pilihan.

    Jika ingin menggunakan oil perfume ini saja, Anda cukup membubuhkannya di atas pergelangan tangan dan pulse di area leher. Sedangkan bila ingin berkreasi dengan aroma unik yang berbeda dari parfum pada umumnya, padukan saja bersama wewangian favorit Anda.

    Harga parfum Dior Rose Elixir Précieux adalah sekitar 300 dolar amerika atau 4.000.000 rupiah.

     
     
    • Karl Lagerfeld Klassik's Women Eau de Parfum

    Karl Lagerfeld for Her

    Perancang busana kawakan ini mengajak Serge Majoullier dan Christine Nagel untuk meracik wewangian yang terdiri dari pencampuran aroma citrusfruit-flower, dan woody-musk.

    Pertama Anda akan mencium aroma lemon dan peach, kemudian ada semburat magnoliarose, dan frangipani di area heart notes. Setelah itu empasan amber wood dan musk akan terasa pada sensasi akhirannya.

    Karl Lagerfeld Klassik's Women Eau de Parfum 45ml dapat Anda beli di situs Karl seharga 75 dolar amerika atau sekitar 1.000.000 rupiah.

     
     
    • Issey Miyake L'Eau d'Issey Florale

     

    Issey Miyake L'Eau d'Issey Florale

    Aroma wewangian Issey Miyake varian ini sangat kental dengan deskripsi lembut dan feminin, sekaligus pribadi yang modern. Alberto Morillas sebagai sang perfumer, memfitur kombinasi keharuman dari bunga mawar, bunga lily, jeruk mandarin, dan kayu.

    Saat Anda pertama kali menciumnya, penggambaran mawar sangatlah kuat. Setelah baru sepercik aroma jeruk yang hidup dan segar, diikuti semburat lily dan bunga jeruk. Terakhir, esensi white wood terasa begitu mendalam bersama sentuhan musky notes.

    Parfum Issey Miyake L'Eau d'Issey Florale Eau de Toilette 90ml dapat dibeli di situs Sephora seharga 100 dolar amerika atau sekitar 1.350.000 rupiah.

     
     
    • Lancôme Trésor Midnight Rose

    Lancôme Trésor Midnight Rose

    Parfum ini berbeda dari semburat mawar yang biasanya. Aromanya menjadi seksi berkat adanya sentuhan raspberry serta vanila, dan semakin sensual karena adanya esensi musky.

    Pada top notes, Anda akan mencium wangi raspberry rose, lalu di bagian hear notes terdapat kolaborasi jasmine, peony, currant buds, serta pink pepper. Bergeser menuju akhir, ada semburat Virginian cedar, musk, dan vanila.

    Botolnya yang berwarna keunguan, merupakan inspirasi dari atmosfer langit sebelum tengah malam di kota Paris yang katanya terasa sangat romantis. Terdapat pancaran gradasi pink menuju ungu violet yang berpendar pada botol parfum ini, sebagai pemanis nighttime rose dengan kelopak ungu terikat cantik di leher botol.

    Apakah Anda ingin mencoba scent of roses yang menggoda ini?

    Harga Lancôme Trésor Midnight Rose 75ml di Indonesia adalah 1.300.000 rupiah.

     
     
    • Yves Saint Laurent Parisienne

    YSL Parisienne

    Ingin mengemas romansa Paris di dalam botol wewangian, YSL melansir parfum bertajuk Parisienne. Untuk mendukung atmosfer itu, tentu saja aroma bunga mawar diusung menjadi elemen penting.

    Kali ini Sophia Grojsman dan Sophie Labbe, yang didaulat menjadi perfumer, memakai Damascus rose bersama pencampuran violetpeonycranberrypatchoulivetivermusk, dan sandalwood.

    Sedangkan esensi modern khas urban didapat dari racikan wangi vinyl dan lacquer. Pengguna parfum ini lebih tepat digambarkan sebagai sosok feminin sekaligus menggoda.

    Harga parfum YSL Parisienne di Indonesia adalah 1.700.000 rupiah.

     
     
    • Dolce & Gabbana Dolce Rosa Excelsa

    Dolce & Gabbana Dolce Rosa Excelsa

    Parfum yang baru saja dirilis tahun 2016 ini mengusung dua bunga mawar pilihan yaitu Turkis rose, dan pertama kalinya memilih African Dog rose. Selain itu tercium pula aroma papaya blossom dan daun neroli yang segar, berpadu bersama water lily serta white daffodil.

    Sedangkan yang menjadi pondasi pada base notes adalah aroma sandalwood, musk, dan cashmere. Bicara tentang botolnya, elemen kaca sengaja dibuat frosted glass tebal dengan nuansa pink pucat dan bagian tutup dirancang sekuntum bunga berwarna merah.

    Harga parfum Dolce & Gabbana Dolce Rosa Excelsa di Indonesia adalah 1.300.000 rupiah.

    • Acqua Di Parma Rosa Nobile

    Acqua Di Parma Rosa Nobile

    Wewangian Acqua di Parma Rosa Nobile secara eksklusif menggunakan mawar Centifolia, bunga yang hanya tumbuh dan mekar di dekat kota Alba, Italia. 
     
    Kuncupnya dipetik menggunakan tangan saat subuh dan kebun masih lembap berembun. Pemetikannya juga berlangsung selama 40 hari di bulan Mei dan Juni, ketika aromanya sedang memuncak serta sangat intens.
     
    Saat menyemprotkan parfum ini, Anda akan mencium aroma vibran dari Sicilian mandarin dan Calabrian bergamot. Setelah itu gabungan kedua mawar berikut aksentuasi peony, violet, dan lily of the valley mulai terasa pada heart notes.
     
    Di akhir penciuman, akan ada aroma cedarwood, ambergris, dan musk. Sehingga parfum ini layak didaulat sebagai ilustrasi karakter ultra-feminin.
     
    Harga parfum Acqua di Parma Rosa Nobile di Indonesia adalah 2.100.000 rupiah.
     
    • Cartier Eau de Cartier Goutte de Rose

    Cartier Eau de Cartier Goutte de Rose

    Mathilde Laurent yang ditunjuk menjadi the nose Cartier Eau de Cartier Goutte de Rose berhasil membuat semburat aroma mawar yang segar.

    Ada kombinasi ingredient lain yang berkolaborasi di dalamnya, yakni vanila, woody serta amber.

    Aromanya sangat ringan, sehingga Anda dapat menggunakan parfum ini untuk daily use atau kasual, maupun pesta cocktail.

    Harga parfum Cartier Eau de Cartier Goutte de Rose di Indonesia adalah 1.400.000 rupiah.

     

     

    • Chloé Roses De Chloé

    Chloe Roses De Chloé

    Begitu menghirup aroma wewangian ini, Anda akan serasa sedang berjalan di atas kebun bunga mawar di kota Paris. Sedangkan bunga mawar yang dipilih adalah esens Damascena rose yang dimodernisasi bersama wangi magnolia accord.

    Komposisi awal dari segitiga notes parfum ini terdiri dari, semburat segar bergamot, kemudian mawar damask dan magnolia, kemudian berakhir bersama white musk serta amber.

    Keharumannya sungguh delicate dan feminin, sangat sesuai dengan spirit DNA dari wanita Chloé. Apakah Anda termasuk di antaranya?

    Chloé Roses de Chloé dapat dibeli di situs Sephora seharga 95 dolar amerika atau sekitar 1.300.000 rupiah.

     

     

    (Foto: Dok. Bazaar; Layout: Ika Wahyuni)




- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -