Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lima Aplikasi Pengatur Keuangan

Lima Aplikasi Pengatur Keuangan

Merasa kesulitan dalam mengatur keuangan Anda? Atau sering lupa akan tenggat pembayaran tagihan? Kini untuk membantu keuangan Anda, berbagai layanan aplikasi pengatur keuangan telah hadir dalam smartphone, sehingga urusan budgeting kini dapat dilakukan dalam genggaman Anda.

Untuk Anda yang ingin mencoba aplikasi budgeting, berikut beberapa aplikasi rekomendasi Bazaar.

1. Mint
Merupakan aplikasi budgeting gratis yang paling banyak digunakan, Mint memudahkan penggunanya untuk mengatur keuangan dari rekening bank, kartu kredit, dan investasi dengan layout yang user-friendly. Selain menjalankan fungsi pengaturan, Mint juga memberikan tips mengatur keuangan. Sementara bagi Anda yang sering terlewatkan waktu pembayaran tagihan, Mint memiliki fitur reminder untuk memastikan Anda selalu menyiapkan dana dan membayar tagihan tepat waktu.

2. Digit
Aplikasi yang bisa dihubungkan dengan rekening pribadi Anda ini akan langsung menghitung pemasukan dan pengeluaran Anda, kemudian mencari celah untuk menyimpan sebagian kecil uang yang Anda miliki. Setiap 2-3 hari, Digit akan memindahkan uang dari rekening ke rekening Digit Anda, layaknya sebuah tabungan, sehingga tanpa sadar Anda akan memiliki simpanan yang bisa menguntungkan Anda.

3. Billguard
Sesuai namanya, Billguard akan menjaga keuangan sekaligus keamanan kartu Anda. Urusan penipuan atau penggelapan transaksi yang menggunakan kartu Anda bisa diantisipasi oleh Billguards. Jika terjadi kehilangan dompet dan kartu debit atau kredit, aplikasi ini bisa membantu mengamankan identitas Anda sehingga tidak akan disalahgunakan. Selain itu Billguards akan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran Anda secara detail.

4. Goodbudget
Mengikuti metode lama untuk mengalokasikan uang ke dalam amplop sesuai kategori, Goodbudget siap membantu Anda menyiapkan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti belanja harian, belanja pakaian, dan sebagainya. Tak hanya mengatur keuangan per bulan, Anda bisa mengatur Goodbudget mengawasi pengeluaran Anda per minggu bahkan per hari.

5. Wally
Aplikasi ini juga mengatur uang yang Anda miliki ke dalam kategori-kategori sehingga Anda tidak perlu takut salah mengalokasikan dana. Fungsi lain dari Wally adalah secara otomatis akan mencatat pengeluaran, sehingga Anda tak lagi perlu repot menyimpan receipt lama.

Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar US.

(Lauren Alexis Fisher. Alih Bahasa: Daniar Cikita. Foto: Harper's Bazaar US)