Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berbelanja Online Melalui Twitter dan Instagram

Berbelanja Online Melalui Twitter dan Instagram
Fitur #InstaKors di Instagram

Teknologi seolah tidak mengenal kata berhenti dalam proses pengembangannya, terlebih dengan fenomena derasnya arus informasi yang terus masuk silih berganti tiada berjeda. Akibatnya, praktik berbelanja online pun kini telah merambah ke level baru yakni media sosial. Twitter misalnya, memberikan terobosan baru dengan menghadirkan fitur "Buy Now" pada aplikasinya yang memudahkan para pengguna Twitter untuk membeli produk incarannya hanya dengan satu tombol saja. Dengan menekan tombol "Buy Now", pengguna Twitter dapat langsung memroses pembeliannya dengan memasukan data kartu kredit dan informasi pengiriman kemudian mengkonfirmasi kembali pembelanjaannya. Twitter bahkan telah memastikan bahwa data personal tersebut akan terjaga kerahasiaannya sehingga pengguna Twitter tak perlu khawatir data mereka akan bocor dan disalah-gunakan. Demi menyemarakkan masa uji coba fitur terbaru Twitter ini, beragam produk lansiran brand raksasa sudah mulai dipasarkan sedangkan untuk ranah fashion sendiri Burberry menjadi salah satu brand mode yang telah terlebih dahulu berpartisipasi. Perhelatan fashion show koleksi musim semi dan musim panas 2015 dari Burberry menjadi titik dimulainya masa percobaan penggunaan dan optimalisasi fitur "Buy Button" yang disebut-sebut membawa e-commerce ke dalam era baru ini.

Sedikit berbeda dengan Burberry, Michael Kors justru memilih Instagram sebagai media untuk mewujudkan cara baru berbelanja online. Kendati Instagram tetap tidak memfasilitasi  tautan langsung pada teks, Michael Kors berhasil menemukan caranya sendiri yakni dengan melansirkan platform bertajuk #InstaKors. Dengan #InstaKors, para penggemar label asal Amerika ini dapat membeli koleksi Michael Kors langsung dari akun Instagram mereka. Pertama, para fans harus mendaftarkan diri ke program ini dengan menyertakan alamat email mereka. Setelah itu, ketika mereka mengklik "Like" pada satu foto yang menampilkan produk Michael Kors maka mereka akan mendapatkan email berupa link yang secara langsung diarahkan ke situs dimana produk tersebut tersedia untuk dibeli secara online.

Menakjubkan bukan? Betapa kemajuan teknologi memberikan akses tanpa batas akan arus informasi dan penjualan produk pada saat yang bersamaan. Burberry dan Michael Kors sebagai dua brand besar yang sangat peka akan pesatnya perkembangan teknologi telah berhasil membuktikannya.

(Chekka. Foto: dok. Bazaar, courtesy of Michael Kors)