Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Fenomena Olahraga 30 Menit

Fenomena Olahraga 30 Menit

Gaya hidup untuk sehat seakan menjadi lifestyle baru di Indonesia. Kali ini ragam pilihan latihan paling anyar memberi highlight durasi olahraga tersingkat (20 hingga 30 menit) dengan hasilnya serupa apabila melakukan olahraga selama 60 menit, seperti beberapa latihan berikut ini:

Individual Training
Panduan olahraga berbentuk  e-book yang bisa dibeli secara online, menawarkan gerakan basic hingga advanced. Olahraga ini memerlukan intensitas yang rutin dan harus diikuti secara bertahap. Contoh gerakan di minggu awal, latihannya ringan dan mudah diikuti seperti push up, sit up, squat sampai burpees.

Group Training
Fitness First memiliki beberapa program latihan 30 menit yang hasilnya serupa dengan berolahraga selama 60 menit. Ada tiga program berdurasi selama 30 menit yang bisa diikuti oleh setiap anggota seperti Pro Cycling, Freestyle, dan Hardcore. Tekhnik yang dilakukan tetap menganut sistem high intensity interval dan diakui mampu membakar sebanyak 700 kalori.

Hi-tech Training
Miha Bodytec, sebuah alat olahraga dengan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS) asal Jerman yang mengalirkan listrik berdaya kecil secara berkelanjutan menuju otot-otot di tubuh, menjadi jawaban bagi mereka yang 'tidak sempat' berolahraga. Pola gerakan latihan yang dilakukan hampir sama seperti layaknya pemanasan, main core, kardio hingga pendinginan, tentu harus didampingi oleh satu personal trainer. Saat ini pusat latihan yang menyediakan latihan dengan EMS tersebut adalah 20Fit.

Simak detail tentang latihan-latihan berdurasi 30 menit ini di majalah Harper's Bazaar Indonesia edisi November 2014.

 

(Oleh: Erica Arifianda; Foto: Ganang Arfiardi)