Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Toilet 101

Toilet 101

Di beberapa belahan dunia, menggunakan public toilet bisa menjadi mimpi buruk setiap pengelana. Namun tidak demikian pada beberapa negara berikut di mana public toilet begitu bersih, sophisticated, dan tentunya menggunakan teknologi paling canggih.

 

Jepang

Negara ini begitu ternama soal public restroom, hampir setiap public toilet yang bisa Anda temukan di Jepang telah menggunakan sistem komputer dengan beberapa fitur canggih. Pernah Anda mencoba fitur seperti seat heating, massage option, water jet adjustment, atau blow dryer? Oh, belum lagi fasilitas kursi kecil yang dapat dilipat di dalam toilet untuk buah hati ketika Anda menggunakannya.

Singapura

Adalah sebuah perbuatan ilegal bagi siapa pun yang menggunakan toilet tanpa flushing setelah selesai menggunakannya di setiap public toilet yang ada di Singapura. Bahkan sebuah asosiasi bernama The Restroom Association of Singapore (RAS) sampai meluncurkan sebuah aplikasi bagi smartphone bernama LOO Connect Service. Aplikasi ini memberikan lokasi beberapa public toilet yang telah memiliki sertifikasi oleh RAS, serta memberikan komentar tentang satu fasilitas publik tertentu.

Korea Selatan

Dalam beberapa tahun terakhir, public toilet di Korea Selatan mendapatkan perhatian yang besar dari seluruh penjuru dunia. Hal ini berkat suksesnya negara tersebut menetapkan toilet culture yang baru. Anda akan menemukan sejumlah tombol pada panel kontrol di setiap restroom yang ada. Beberapa memiliki fitur yang unik, jarang ditemui di Jakarta. Beberapa tombol bahkan siap dipijit untuk mengaktifkan fungsi hair dryer!

(Teks: Hansel Mario, Foto: Dok. Google)