Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Dalam Waktu Singkat

Membuat kulit wajah tampak lebih cerah dengan cepat? Bisa!

Cara Mencerahkan Kulit Wajah Dalam Waktu Singkat

Kulit menggelap pasca liburan atau ingin menghadiri acara spesial biasanya menjadi alasan wanita Indonesia mendambakan cara mencerahkan kulit wajah dalam waktu singkat. Tahukah bahwa vitamin C adalah kuncinya? Bazaar mengungkap sederet caranya untuk Anda!


Mencerahkan Wajah dengan Perawatan Alami

Masker dan eksfoliator buatan sendiri yang diracik dari bahan-bahan natural sangat aman digunakan dalam frekuensi cukup sering, sehingga Anda pun dapat melihat hasilnya lebih cepat!

1. Pepaya dan Madu

Pepaya mengandung enzim bernama papain dan AHA yang memiliki kemampuan mengeliminasi kotoran dan sel kulit mati sehingga kulit akan lebih jernih bercahaya, sementara madu kaya nutrisi dan baik bagi kelembapan. Haluskan ½ cangkir pepaya dan 1 sendok teh madu kemudian aplikasikan pada wajah yang bersih dan diamkan 20 menit lalu bilas. Lakukan setiap malam sebelum tidur.


2. Jeruk dan Yogurt

Salah satu buah yang sangat umum tersedia di setiap rumah adalah jeruk. Tak hanya mudah didapat dan menyegarkan, buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik yang bertindak sebagai agen penunda pigmentasi. Cukup campurkan daging buah jeruk dengan yogurt tanpa rasa, lalu bubuhkan ke wajah dan biarkan 20 menit lalu bilas. Lakukan setiap pagi atau malam sebelum tidur.



3. Labu, Madu dan Susu.

Buah yang identik dengan Halloween ini ternyata kaya akan antioksidan dan exfoliating acid. Kandungan beta-carotene, vitamin A dan C di dalamnya piawai membuat kulit lebih cerah. Padukan 2 sendok makan puree labu (labu kukus atau panggang yang dihaluskan) dengan ½ sendok teh madu dan ½ sendok teh susu cair. Bila Anda alergi terhadap produk susu, maka susu bisa diganti dengan air mawar atau jus lidah buaya. Diamkan selama 20 menit lalu bilas. Lakukan 3 kali dalam seminggu.



Baca juga: Resep Masker Alami untuk Segala Masalah Kulit



Rekomendasi Masker Andalan untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Beberapa produk masker siap pakai ini juga harus Anda miliki. Cukup gunakan 2 kali dalam seminggu untuk membersihkan, mengeksfoliasi, melembapkan dan menutrisi kulit. Kulit akan tampil lebih kenyal, cerah dan berpendar sehat.

1. Charlotte Tilbury Goddess Skin Clay Mask

Biasanya clay mask memberikan efek sedikit kering, namun tidak dengan yang satu ini, karena mengandung sweet almond oil dan rosehip oil. Ditambah peptide bernama BioNymph yang piawai meningkatkan kadar kolagen dan elastisitas kulit serta meringkas pori-pori, masker ini merupakan produk tepat untuk mencerahkan kulit kusam dan letih secara instan.


2. Sulwhasoo Snowise EX Brightening Mask

Sheet mask ini efektif membuat kompleksi wajah tampak lebih jernih dan mampu mengembalikan cahaya kulit yang tersembunyi berkat kandungan fermentasi ginseng putih. Diamkan selama 15-20 menit kemudian biarkan cairannya meresap pada kulit wajah tanpa dibilas. Saat pemakaian pertama Anda sudah dapat merasakan perbedaan signifikan pada kulit wajah.


3. Tatcha Violet-C Radiance Mask

Tak hanya memanjakan mata dengan kemasannya yang mewah, masker Tatcha ini diperkaya oleh vitamin C, AHA dari tujuh buah berbeda serta Japanese berry yang sarat antioksidan. Masker ini bagaikan detoks instan untuk wajah karena mempercepat regenerasi sel kulit dan mengembalikan cahaya pada kompleksi Anda.



4. Fresh Peony Brightening Night Treatment Mask

Tidur cukup adalah salah satu syarat kulit tampil segar dan muda. Bayangkan bila setiap malam Anda tidur delapan jam dengan memakai masker yang mengandung perpaduan bunga peony, ekstrak akar licorice dan vitamin C. Kulit tak hanya lembap sepanjang malam, tapi juga tampak lebih berkilau dan cerah keesokan paginya.



5. Glamglow Flashmud Brightening Treatment

Sejak pertama kemunculannya, Glamglow memang terkenal sebagai produk yang mampu menunjukkan hasil dalam waktu singkat. Masker yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit ini adalah salah satunya. Diramu dengan salicylic acid, lactic acid, dan vitamin C untuk kulit tampak lebih cerah, serta dilengkapi dengan diamond photoluminescence, masker ini mampu membuat kulit tampil lebih atraktif dengan kejernihannya.



Suntik Vitamin C agar Wajah Cerah

Vitamin C yang diaplikasikan pada kulit seperti serum, toner dan masker, serta yang diperoleh dari konsumsi makanan dan suplemen dapat bermanfaat bagi kulit, mulai dari mencegah penuaan dini, memperbaiki jaringan sel kulit dan kolagen, menjaga kelembapan hingga membuat kulit terlihat segar dan cerah. 

Bila merasa kekurangan, Anda bisa mencoba menyuntikkan vitamin C (asam askorbat) dengan dosis 70-150mg. Namun, untuk ibu hamil dan penderita gagal ginjal sebaiknya menghindari tindakan ini. Pastikan suntik vitamin C dilakukan di klinik atau rumah sakit, oleh tenaga profesional dan di bawah pengawasan dokter untuk mencegah terjadinya efek samping atau bahaya.



Foto: Maryna Zadiranchuk©123RF.com, edwardderule©123RF.com, Nelli Syrotynska©123RF.com, Dan Grytsku©123RF.com

Layout: Asya Hadisuryo.