• Cara Lengkap Membersihkan Beragam Bahan Sepatu Putih

    Fashion / Tips


    Cara Lengkap Membersihkan Beragam Bahan Sepatu Putih

    Bazaar memberikan rekomendasi cara membersihkan sepatu putih seperti bahan suede, satin, kanvas hingga kulit menggunakan langkah ini.


    White shoes literally goes with everything, tentu saja Anda juga setuju dengan pendapat kami terhadap sepatu berwarna putih. Namun membeli sepatu apalagi mengoleksi sepatu berwarna putih kadang tidaklah mudah. Ya, karena ketika Anda sudah memiliki sepatu putih impian, Anda akan harus menjaga dan membersihkannya dari kotoran atau noda yang menempel. 

    Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Bazaar akan memberi tahu cara membersihkan sepatu putih yang terbuat dari berbagai macam material. Penggunaan barang-barang yang dapat Anda temukan di rumah Anda pun dapat Anda gunakan. Selain itu, kami juga akan memberikan tip dan trik untuk menjaga sepatu putih Anda tetap bersih.



    (Converse Chuck Taylor All Star II Spring 2017)

    1. Bahan Kanvas 

    Kami yakin banyak dari Anda yang memiliki sepatu sneakers berbahan kanvas. Bahan kanvas yang mudah menyerap noda pun tentu terkadang membuat Anda panik, berikut caranya.

    1. Siapkan baking soda, cuka putih atau cuka dapur, dan sikat gigi.
    2. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan cuka putih/cuka dapur ke dalam air hangat.
    3. Celupkan sikat gigi ke dalam campuran yang menyerupai pasta dari baking soda dan cuka lalu sikat sepatu anda.
    4. Sikat terus dengan perlahan dan sikat hingga campuran pasta menghilang lalu keringkan dengan udara.

    Tips

    • - Untuk menjaga sepatu putih bahan canvas Anda tetap bersih, sebaiknya gunakan produk water and stain repellent sebelum mengenakan sepatu putih Anda keluar rumah.
    • - Sebaiknya segera bersihkan sepatu sesaat Anda tiba kembali dirumah. Apabila ada noda kecil yang telah menempel, segera bersihkan sebelum noda semakin susah dihilangkan.
    • - Jangan pernah mencuci sepatu canvas Anda menggunakan mesin cuci.



    (Balenciaga Fall 2016)

    2. Bahan Kulit 

    Nah selain material kanvas, bahan kulit merupakan bahan terpopuler untuk membuat sepatu. Sebelumnya Bazaar pernah merangkum cara merawat tas kulit. Ya memang salah satu keuntungan memiliki sepatu kulit berwarna putih adalah tidak mudahnya kotoran untuk mudah menyerap di bahan kulit. Tetapi bukan berarti sepatu Anda akan benar-benar terhindar dari noda, berikut cara-caranya. 

    1. Siapkan tisu handuk/paper towel yang bertekstur kasar, sabun batang putih, sikat sepatu berbulu halus, deterjen dan t-shirt bekas bahan katun.
    2. Basahi tisu dengan air lalu peras. Lap bagian luar sepatu Anda dengan tisu basah yang telah diperas lalu biarkan hingga kering selama 10 menit.
    3. Setelah kering, basahkan sedikit t-shirt bekas Anda dengan air dan sabun batangan yang ditempelkan. Lalu, lap bagian luar sepatu dengan gerakan memutar hingga bersih. Diamkan selama 10 menit agar mengering setelahnya
    4. Bersihkan bagian alas sepatu dengan sikat berbulu halus secara pelahan dengan campuran air dan deterjen. Setelah selesai, lap busa campuran alas dengan t-shirt bekas yang basah lalu diamkan hingga kering.

    Tips:

    • - Hilangkan debu dengan sikat halus setelah mengenakan sepatu bahan kulit putih Anda.
    • - Untuk menjaga kulit tetap mengkilat, gunakan shoe cream khusus untuk material kulit berwarna putih.
    • - Gunakan waterproof spray untuk menghindari sepatu dari debu dan noda terutama di musim hujan.
    • - Jangan pernah menggunakan cleaner tanpa kain lap untuk menghindari perubahan warna pada kulit.



    (Jacquemus Spring 2017)

    3. Bahan Suede 

    Bahan suede merupakan bahan yang fragile. Hal ini membuat banyak pemilik sepatu berbahan suede bingung untuk membersihkan sepatu yang mudah sekali terpapar noda. Berikut caranya:

    1. Siapkan kain katun lembut, paper towel/tisu handuk, penghapus pensil berwarna merah muda, cuka putih atau cuka dapur, dan sikat khusus bahan suede.
    2. Basahi kain dengan sedikit air lalu tekan kain ke bagian noda.
    3. Setelah itu, tekan bagian yang basah dengan paper towel dengan sedikit kuat. Jangan digosok karena hal itu dapat menyebarkan noda menjadi lebih lebar.
    4. Untuk membersihkan noda membandel, celupkan kain ke dalam larutan cuka lalu gosok dengan sangat perlahan. Lalu, biarkan kering dengan sendirinya.
    5. Setelah kering semalaman, gosok dengan sikat khusus bahan suede untuk menyatukan bulu suede kembali.

    Tips:

    • - Gunakan selalu penghapus untuk menghilangkan noda kecil setelah sepatu terpapar noda.
    • - Sikat sepatu suede dengan sikat khusus bahan suede secara teratur untuk menbersihkannya dari debu.
    • - Gunakan suede protector untuk menghindari sepatu dari noda dan debu lebih baik. 


    Baca juga: Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Kebaya


    (Miu Miu Fall 2018)

    4. Bahan Satin

    Sepatu pesta banyak di dominasi oleh bahan satin. Sepatu bahan satin putih sangatlah mudah terpapar noda. Berikut cara membersihkan sepatu satin Anda apabila kotor dan terpapar noda.

    1. Siapkan kain kering, sabun cuci tangan dan tisu handuk atau paper towel.
    2. Gunakan kain kering untuk mengelap keseluruhan sepatu secara perlahan. Trik ini untuk menghindari noda menjadi menyebar.
    3. Basahi kain lalu lap sepatu dimulai dari tempat letaknya noda. Selalu lap dengan gerakan mundur mengikuti garis kain sepatu Anda. Jangan lupa untuk tidak melakukan gerakan menggosok, hanya tekan-tekan saja secara perlahan.
    4. Lalu, keringkan bagian heels satin dengan segera menggunakan tisu handuk/paper towel. Ingat, jangan gosok bahan satin sepatu Anda, hanya menggunakan gerakan menekan saja.
    5. Hilangkan noda bekas sabun dengan menekan perlahan bagian yang terkena menggunakan kain basah.
    6. Untuk mengeringkan, gunakan paper towel/tisu handuk di bagian yang basah atau hairdryer dengan tekanan paling rendah. Jangan pernah membiarkan sepatu satin Anda kering sendirinya.

    Tips:

    • - Karena satin merupakan bahan yang termasuk fragile, sebaiknya jangan kenakan sepatu satin Anda di saat musim hujan.
    • - Gunakan waterproof spray untuk menghindari noda dan air.
    • - Apabila terlanjur mengenakan sepatu satin di musim hujan, segera keringkan dengan benar setelah terpapar air dan jangan biarkan mengering dengan sendirinya.
    • - Untuk penyimpanan, sebaiknya gunakan dust bag dan bersihkan terdahulu dari debu sebelum menyimpan sepatu satin Anda.


    (Layout: Asya Hadisuryo; Foto: Andrea Adriani, Armando Grillo, Alessandro Viero/IMAXTREE.COM) 





- RELATED ARTICLE -