• Bosan ke Mall di Jakarta saat Weekend? Coba Hal Berikut

    Culture / Tips


    Bosan ke Mall di Jakarta saat Weekend? Coba Hal Berikut

    Lihat rekomendasi tempat dan aktivitas di bawah ini yang akan menjadikan akhir pekan di Jakarta semakin berkesan.


    Kata siapa Anda hanya bisa mendapatkan kesenangan saat berlibur ke tempat yang jauh? Buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Ibarat pribahasa “semut di seberang lautan terlihat, gajah di depan pelupuk mata tak tampak.” Ternyata kesenangan sudah ada tepat di depan mata.

    Tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya, kota sendiri ternyata memiliki sejumlah hiburan untuk dieksplorasi. Mulai dari yang bernuansa historis hingga hijaunya taman tengah kota, semuanya siap menghibur.

    Itu baru soal destinasi. Mengenai aktivitas seru di akhir pekan pun, Jakarta turut menawarkan opsi tak terbatas. Yang berbau seni hingga aktivitas olahraga saat aturan car free day berlaku di sepanjang jalan utama Sudirman Thamrin layak dicoba.


    Banyak yang berkata hiburan di Jakarta hanya seputar mall dan klub malam ternama. Pada kenyataannya, Jakarta jauh lebih kaya. Tergantung apa yang Anda cari untuk mendapatkan kesenangan.

    Bazaar tidak akan berkomentar banyak jika keriaan klub dan berbelanja layaknya seorang shopaholic cukup menghibur Anda. Namun, bagi Anda yang mencari kesenangan di luar hal berbau hedonisme tersebut, Bazaar memiliki solusinya. 

    Berikut sejumlah rangkaian tempat dan aktivitas bagi Anda para warga Ibukota yang haus akan makna kesenangan yang sesungguhnya. Sampai nanti mall dan klub malam. Karena ini adalah saatnya untuk akhir pekan penuh warna yang lebih bermakna.


    1. Double-decker versi Jakarta

    Jangan bilang Anda tidak pernah mencoba menaiki transportasi umum kepunyaan Ibukota. Akhir pekan ini,  tinggalkan mobil Anda di garasi rumah. Saatnya berkeliling kota menggunakan fasilitas transportasi bus gratis berikut ini.

    Jika London terkenal dengan bus double-decker merahnya, Jakarta tidak kalah. Fasilitas bus tingkat yang disediakan oleh pemerintah setempat ini tidak kalah unggul. Tingkat pertama bus ini diperuntukkan bagi penumpang bagi kebutuhan khusus, sementara tingkat keduanya dapat dinikmati para warga umum.

    Memiliki rute per tema, mulai dari rute wisata seni dan kuliner hingga rute wisata cagar budaya, menaikinya akhir pekan pun terasa berbeda. Selain memperkaya wawasan, mencoba fasilitas bus ini juga dapat mengurangi macetnya Jakarta di akhir minggu.


    2. Hijaunya taman kota

    Tahukah Anda jika Jakarta memiliki sejumlah taman kota yang tidak kalah cantik dengan taman kepunyaan luar negeri? Jika Anda tidak percaya, akhir pekan ini coba telusuri bersama para teman terdekat.


    Di antara sekian banyak, taman-taman kota di area pusat dapat menjadi opsi. Mulai dari Taman Suropati hingga Taman Menteng, silahkan dijelajahi. Selain menikmati rindangnya pepohonan, Anda dapat mencoba kuliner khas lokal yang banyak dijajakan di kawasan sekitar.


    Mengunjungi sejumlah taman ini, Anda akan terhibur dengan aksi pemain biola lokal hingga suara riang anak-anak yang sedang bermain. Sungguh melepas stress akibat rutinitas kerja selama seminggu penuh.


    3. Wisata Kota Tua

    Tampaknya tidak ada tempat lebih baik untuk lebih mengenali kota sendiri selain kawasan Kota Tua. Berbagai bangunan bergaya kolonial yang masih dipertahankan hingga museum-museum ternama terkumpul di kawasan yang satu ini.


    Berakhir pekan tidak sah tanpa shopping? Anda pun dapat melakukannya di daerah historikal milik Jakarta ini. Seusai mengaggumi kekhasan arsitektur peninggalan masa lalu, selanjutnya mari berbelanja di Semasa Market.


    Berbeda dengan mall yang menjual sejumlah merk kaliber internasional. Semasa Market hadir dengan keunikannya menjual berbagai kreasi para pekerja kreatif lokal. Kualitas jelas tidak kalah unggul, harga pun jauh lebih masuk akal.  


    4. Independent movie night 

    Hari sudah menjelang malam. Jika jam-jam sekarang biasanya Anda tengah berdesakan di tengah antrian para pengunjung bioskop di mall, maka Bazaar memberikan opsi lebih baik. Tidak perlu lagi lelah mengantri di depan loket bioskop dan ujung-ujungnya malah kehabisan tiket.

    Akhir pekan ini, cobalah kunjungi sejumlah tempat di Jakarta yang memutar film independen lokal hingga internasional. Mulai dari kedutaan hingga sejumlah kafe dan pusat seni memiliki program menonton film ini.

    Sensasinya tentu berbeda dengan menonton di mall. Jika biasanya Anda hanya menonton dalam kegelapan dan segera pulang seusai film habis diputar, kali ini berbeda. Seusai menonton Anda dapat berkenalan dan berdiskusi lebih lanjut dengan para penonton lainnya mengenai film yang ditonton barusan.

    Lengkap sudah. Wawasan baru sekaligus teman baru sudah didapat. Akhir pekan pun menjadi berkesan. Jadi, kata siapa Jakarta hanya memiliki klub dan mall sebagai hiburan?

    (Foto: Hywit Dimyadi©123rf.com,Courtesy of Instagram @infojkt, @mod.tography, @fikriazalzikri, @budikahesti, @semasadikotatua, @alexandermatius)


    Tags : jakarta


- RELATED ARTICLE -