• Fashion / News

    Biyan dan The Goods Group Raih Penghargaan Fashion


    Biyan dan The Goods Group Raih Penghargaan Fashion

    Atas konsistensinya sebagai penggerak perubahan dan role model bagi dunia mode Indonesia.


    Bersamaan dengan pekan mode tahunan Ibu Kota, Jakarta Fashion Week (JFW) turut diselenggarakan pula ajang penghargaan mode lima tahunan yakni Pia Alisjahbana Awards. Diselenggarakan untuk ketiga kalinya, penghargaan yang juga dikenal dengan nama Pia Awards ini diberikan bagi insan mode dan institusi mode yang dianggap memiliki peranan besar untuk mengembangkan dunia fashion Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. 

    Untuk Pia Awards 2017 kali ini, penghargaan diberikan kepada Biyan Wanaatmadja untuk kategori individu dan The Goods Group untuk kategori institusi. Keduanya dianggap telah menjadi motor penggerak yang baik bagi panggung mode Tanah Air. 




    Kedua nama ini didapat dari proses penjurian yang panjang. Di mana tim Pia Awards pertama melakukan penjurian bersama pemimpin redaksi Femina Group dan perwakilan JFW. Kemudian dilakukan penjurian utama oleh Triawan Munaf selaku kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Mari Elka Pangestu sebagai pakar industri ekonomi kreatif, Itang Yunasz perwakilan dari perancang busana dan pemenang Pia Awards 2013, Samuel Mulia dari sisi pengamat mode dan gaya hidup, Yoris Sebastian pakar marketing, Lynda Ibrahim, dan Irma Hardisurya. 

    Dalam penjurian utama ini masing-masing nominasi dinilai dalam tiga aspek utama yakni sebagai penggerak perubahan, role model, dan pemberi pengaruh besar bagi industri fashion Indonesia. Tentunya dilihat pula nilai inovasi, pemberdayaan masyarakat, kinerja bisnis dan pengaruh positif lainnya baik. 




    Biyan Wanaatmadja sendiri tentunya bukan lagi nama yang asing dalam dunia fashion Indonesia. Dirinya merupakan salah satu perancang busana senior yang namanya juga telah dikenal hingga ke Asia. Dengan kematangan pengalamannya di bidang fashion, Biyan dianggap unggul secara kreativitas, inovasi bisnis, edukasi, serta dianggap bisa menjadi contoh yang baik bagi perancang busana muda. 

    Sementara itu The Goods Group yang menaungi The Goods Dept. dan Brightspot Market, dianggap punya peran besar untuk menggerakkan industri kreatif terutama di kalangan anak muda. Pengaruhnya dinilai tak cuma sekadar memberikan dorongan ekonomi bagi anak muda dan brand-brand baru Indonesia tapi juga menciptakan tren di Indonesia. 

    Nama Biyan dan The Goods Group sendiri kini bergabung dengan nama-nama pemenang Pia Awards di tahun-tahun sebelumnya, seperti Oscar Lawalata dan Okke Hatta Radjasa yang mewakili Cita Tenun Indonesia. 


    (Foto: Courtesy of Instagram @thegoodsdept)