• Culture / News

    20 Inspirasi Tematik untuk Kostum Halloween


    20 Inspirasi Tematik untuk Kostum Halloween

    Bazaar membagi 20 karakter ikonis dalam lima jenis tema, yang dapat menjadi pilihan kostum Halloween Anda tahun ini.


     

    Halloween is just around the corner! Apakah Anda sudah menyiapkan kostum untuk digunakan Jumat malam nanti? Jika belum, Bazaar siap memberikan beberapa inspirasi kostum yang seru dan mudah untuk dibuat.

     

    1. Karakter bertema Disney

    Siapa yang tidak mengenal rumah produksi Disney? Ribuan karakter fiksi telah terlahir dari animation studio ini. Tentu ada karakter favorit yang melekat dalam memori Anda semenjak kecil. Menurut Bazaar, ada beberapa kostum menarik dari karakter film Disney di tahun 2016 yang bisa Anda coba untuk merayakan Halloween tahun ini.

     

    - Star Wars: The Force Awakens

    Film Star Wars yang baru saja keluar sempat menjadi pembicaraan utama dunia. Karakter Rey dan Poe Dameron yang dimainkan Daisy Ridley dan Oscar Isaac dapat dikatakan mencuri perhatian. Anda dapat mencoba baju khas Planet Jakku yang digunakan Rey maupun pakaian pilot The Resistance berwarna oranye terang khas Poe Dameron.

     

     

     

    - Alice Through the Looking Glass

    Siapa yang tidak mengenal cerita petualangan Alice in Wonderland yang ditulis oleh Lewis Carroll. Permainan logika dan dunia bertema whimsical yang unik membuat cerita ini telah bertahan selama 151 tahun. Meski tergolong sulit dibuat, Bazaar yakin kostum bertema Alice dan Mad Hatter akan mampu mencuri perhatian di pesta Halloween.

     

     

     

     

    - Zootopia

    Jika Anda menyukai karakter binatang, sudah pasti Zootopia menjadi referensi sempurna tahun ini. Kenakan wig bernuansa abu-abu atau oranye dan bando berbentuk kuping kelinci atau serigala. Untuk pakaian, Anda bisa membuat kostum simpel seperti polisi Judy Hopps maupun hanya mengenakan kemeja longgar khas Nick Wilde.

     

     

     

     

     

     

     

    2. Karakter bertema seri televisi

    Bazaar merekomendasikan memilih tema ini jika Anda ingin menghabiskan waktu Halloween berkelompok. Bayangkan saat menggunakan kostum senada yang menggambarkan sebuah seri televisi populer. Pasti Anda akan lebih mendalami karakter dan malam Halloween terasa lebih seru.

     

    - Game of Thrones

    Novel drama fantasi yang telah menjadi seri televisi ini memang selalu ditunggu. Di dalamnya, terdapat puluhan karakter yang bisa menjadi inspirasi Anda dan teman terdekat untuk merayakan hari Halloween. Jangan lupa menyisihkan waktu untuk membuat kostum bersama agar kalian dapat menggunakan bahan serupa untuk kostum berbeda.

     

     

     

    - Scream Queens

    Berawal dari tahun 2015, seri televisi bergenre horor ini selalu memberi inspirasi kostum Halloween khas kelompok wanita cantik. Anda dan teman-teman dapat meniru gaya Emma Roberts, Abigail Breslin, Billie Lourd, dan Lea Michele yang centil namun tetap menarik.

     

     

     

     

    - Empire

    Gaya on point selalu diusung Cookie Lyon sang hip hop queen. Busana bulu maupun baju berwarna terang dapat dikenakannya dengan elegan. Menambah keseruan, ajak teman-teman Anda untuk menjadi karakter Lucious Lyon, Andre, Jamal, dan Hakeem yang tidak luput dari gaya bernauansa hip hop.

     

     

     

     

     

     

    - Downton Abbey

    Meski sudah berakhir tahun 2015 silam, seri drama ini masih lekat dalam ingatan. Apalagi dengan penggunaan baju bertema aristokrat ala Britania dan headpiece elegan. Squad Anda akan tampil bagaikan para bangsawan dari Inggris.

     

     

     

     

     

    3. Karekter bertema film

    Selain menjadi karakter unik dalam serial televisi, tentu Anda juga dapat mencoba menjadi karakter dalam film yang tidak kalah menariknya.

     

    - Suicide Squad

    Kemunculan Harley Quinn sang bad superhero yang diperankan oleh Margot Robbie sempat menjadi perbincangan dunia. Tapi jangan khawatir, selain karakter Harley Quinn, masih banyak peran dalam film ini yang berpenampilan tidak kalah ikonis dan cocok untuk perayaan Halloween. Beberapa di antaranya adalah The Joker dan The Enchantress.

     

     

     

     

    - Crimson Peak

    Tragis dan menegangkan, kisah Crimson Peak memang dibalut dengan rangkai elemen yang menjadikannya semakin lekat dengan nuansa gotik. Salah satunya adalah sederet busana cantik era 1880an yang dikenakan para pemain. Apa kira-kira Anda tertarik membuat kostum yang terinspirasi dari film ini?

     

     

     

     

    - Doctor Strange

    Meski baru ditayangkan di bioskop, film Doctor Strange yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch sudah mengundang decak kagum. Anda bisa membuat kostum sang superhero yang bernuansa biru dan merah dengan mencontek beberapa adegan dalam film. Who doesn't want to use a cloak, right?

     

     

     

    - Star Trek Beyond

    Apa rasanya menjadi kru USS Enterprise yang mengenakan seragam khas Starfleet? Meski terkesan mudah dibuat, seragam berwarna kuning, biru, dan merah ini dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan kostum. Jika Anda kurang puas, tambahkan jaket kru berwarna abu-abu yang akan menambah kesan maskulin.

     

     

     

    4. Karakter bertema pop culture

    Tidak dapat dipungkiri, dunia showbiz dari Hollywood telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Artis yang sering kita saksikan di layar kaca diam-diam mempengaruhi tendensi hidup seperti preferensi pakaian maupun makeup. Siapa saja nama artis yang tahun ini akan banyak ditirukan dalam Halloween?

     

    - The Kardashians dan The Jenners

    Kedua klan ini memang tidak akan lepas dari gosip dan kontroversi. Apalagi setelah kejadian perampokan Kim beberapa saat lalu di Paris. Namun tidak hanya itu, mereka juga telah mempengaruhi masyarakat dengan gaya berbusana yang edgy. Menurut Anda, karakter siapa yang paling cocok Anda tirukan tahun ini?

     

     

     

     

     

     

    - Brad Pitt, Angelina Jolie, dan Marion Cotillard

    Setelah drama perceraian yang terjadi antara Brad Pitt dan Angelina Jolie, nama Marion Cotillard sempat terbawa karena kedekatannya dengan Brad Pitt. Bazaar memprediksi Anda akan bertemu dengan ketiga tokoh ini saat merayakan Halloween nanti.

     

     

     

     

    - Sofia Richie dan Justin Bieber

    Ini dia satu lagi pasangan yang sempat menggemparkan dunia maya. Meski sekarang digosipkan sudah berpisah dan hanya menjadi teman biasa, gaya berbusana Sofia dan Justin yang unik dapat menjadi inspirasi Anda hari jumat ini.

     

     

     

    - Lady Gaga

    Untuk album terbarunya yang diberi nama Joanne, Lady Gaga tampil dengan gaya berbeda. Dari mulai mengenakan cowboy hat berwarna pink pastel dan celana jeans super pendek, hingga jaket fur berwarna ungu untuk hadir dalam sebuah acara, mungkin dapat menginspirasi gaya Halloween Anda.

     

     

     

     

    - The Hadids

    Gigi dan Bella Hadid sudah beberapa kali menjadi pembuka dalam pergelaran busana merek ternama. Keduanya bahkan sudah pernah menjadi cover pada majalah-majalah terbaik dunia. Umur yang masih muda, paras cantik, dan gaya distingtif dapat menjadi pilihan bergaya akhir pekan ini.

     

     

     

     

    5. Karakter bertema fashion dan art

    Bagi Anda para penggemar dunia seni dan mode, menjadi tokoh Coco Chanel atau Karl Lagerfeld mungkin sudah pernah Anda lakukan. Jika Anda belum menemukan karakter yang cocok, jangan lupa menengok beberapa pilihan tokoh ikonis yang telah kami pilih berikut.

     

    - Margot Tenenbaum

    Gayanya quirky dan cool. Karakter fiksi yang dimainkan oleh Gwyneth Paltrow di film The Royal Tenenbaums ini cocok untuk menggambarkan karakter mode dan pilihan film yang unik.

     

     

     

    - Carrie Bradshaw

    Living the life as Carrie Bradshaw is every girl's dream. Rambut keriting dan sepasang sepatu Manolo Blahnik memang selalu mencari ciri khasnya. Jangan lupa sematkan satu fashion item yang dapat mencuri perhatian atau kenakan tulle midi skirt bernuansa pastel.

     

     

     

    - Iris Apfel

    Ia adalah seorang businesswoman, desainer interior, dan fashion icon. Penggabungan warna dengan tekstur adalah karakteristik gayanya. Untuk meniru karakter Iris, Anda akan membutuhkan statement coat, aksesori eksentrik, dan sebuah kacamata bulat.

     

     

     

     

    - Frida Kahlo

    Seniman asal Meksiko ini dapat dikatakan sebagai fashion icon karena gayanya yang distingtif. Ia sering kali mengenakan busana bergaya Bohemian berwarna terang dan mahkota bunga di atas kepalanya. Jangan lupa sambungkan kedua alis Anda dengan pensil berwarna abu-abu agar semakin mirip dengan Frida.

     

     

    Semoga Bazaar membantu kalian menemukan inspirasi! Selamat merayakan Halloween!

     

    (Foto: Courtesy of Star Wars: The Force Awakens, Alice Through the Looking Glass, Zootopia, Disney, Game of Thrones, Scream Queens, Empire, Downtown Abbey, Suicide Squad, Crimson Peak, Doctor Strange, Star Trek Beyond, Kendallj.com, Allied, Mr. and Mrs. Smith, The Royal Tenenbaums, Sex and the City, Harper's Bazaar, Harper's Bazaar Malaysia, Harper's Bazaar Singapore, Frida Kahlo. Courtesy of Instagram @kimkardashian, @kylliejenner, @sofiarichie, @ladygaga, @bellahadid, @gigihadid)

     

    Layout: Ika Wahyuni