Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Neo Batik: Terjemahan Kain Nusantara

Tiga label lokal yang fokus pada kekayaan kain nusantara menerjemahkan sendiri koleksi batik klasik yang ada di pulau Jawa.

Neo Batik: Terjemahan Kain Nusantara
Populo Batik

Tiga label lokal yang fokus pada kekayaan kain nusantara menerjemahkan sendiri koleksi batik klasik yang ada di pulau Jawa. Ketiganya  konsisten menjaga filosofi batik dan memiliki pemahaman yang sama dalam menjaga tradisi luhur budaya Indonesia.

TIK Prive

Koleksi terbaru TIK Prive yang diberi nama Indigo ini terinspirasi dari gaya hidup kaum pekerja yang mengutamakan gaya praktis dan nyaman. Walaupun proses pengerjaannya  cukup lama karena menggunakan teknik pewarnaan alami yang berasal dari tanaman indigo fera, TIK Prive menampilkan 15 koleksi batik tulis halus hasil karya artisan dari Pekalongan  bernama Pak Hanafi. Dengan kualitas batik yang luar biasa halusnya, TIK Prive berhasil keluar dari comfort zone dengan menghadirkan desain yang simple, modern, kasual sekaligus stylish, namun tetap sarat akan makna dan cerita filosofis.

Purana – Tales of Tiles

Motif  tegel kuno yang menjadi inspirasi Purana, diterjemahkan dengan  modern. Untuk koleksinya kali ini, Nonita Respati memadukan Thai silk dengan teknik batik tulis dan pewarnaan sistem colet; dengan sutra ATBM yang diproses tie-dye.  Motif polkadot dan geometris yang modern dari jumputan, berpadu manis dengan motif tegel yang terinfusi budaya China dan Eropa. Sehingga warna-warna seperti purple orchid, palm green, china red, tosca muncul dalam blazer, sporty jacket, jumpsuit dan gaun multifungsi milik Purana.

Populo

Mendapat inspirasi motif dari batik tradisional pesisiran dan keratonan, kemudian mengambil  satu motif yang dijadikan monochrome yang didominasi warna abu-abu dan hitam. Proses pembuatan koleksi Urban Populo Batik seluruhnya diolah menggunakan tangan. Menampilkan tampilan kontemporer yang menawan dan potongan minimalis modern yang menguatkan signature style Populo Batik.

Berangkat dari pemahaman  tentang teknik membatik yang benar, disiasati dengan cara yang berbeda, namun ketiganya tetap menjunjung filosofi kain batik sebagai kekayaan bangsa secara utuh.

Simak laporan lengkap Bazaar Fashion Festival 2014 dan Pasar Indonesia di www.bazaarfashionfestival.com

 

(Foto: Dok. Bazaar)