• Culture / News

    DIY: Italian Homemade Tomato Sauce


    DIY: Italian Homemade Tomato Sauce


    Manjakan diri Anda bersama keluarga dengan mencoba memasak sendiri di rumah untuk makan malam bersama keluarga. Tidak harus sesuatu yang rumit atau menu yang berkesan istimewa, tenang saja, masakan Anda pasti akan selalu tampil istimewa di depan keluarga tercinta.

    Sajian yang kami rekomendasikan untuk dicoba di rumah adalah kuliner khas Italia. Tentu yang sederhana dan tidak membutuhkan effort berlebihan. Mario De Carlini, Executive Chef dari Tredici Ristorante yang belum lama ini dibuka di Jakarta berbagi sedikit rahasia memasak cita rasa Italia untuk di rumah Anda. Hindari membuat home made pasta, karena hal ini memakan waktu, dan kini banyak yang menyediakan pasta siap saji yang juga berkualitas.

    Menurut Mario, inti dari setiap hidangan Italia adalah saus tomat home made. “You can't go wrong with that!” Tambahnya. Baik itu lasagna, pizza, maupun segala jenis pasta yang menggunakan saus tomat. Saus yang kita bicarakan di sini bukan saus tomat dalam kemasan, melainkan saus buatan dengan menggunakan tomat segar.

    Untuk membuat saus tomat berkualitas restoran bintang lima, siapkan bawang bombay yang telah dipotong-potong. Kemudian panaskan sedikit extra virgin olive oil di dalam panci. Tuangkan bawang bombay dan masak hingga bentuknya agak mashed. Tambahkan dua kaleng tomat segar, masak dengan api yang sangat kecil. Bubuhkan garam dan sedikit gula untuk mengurangi tingkat asam. Tips rahasia dari Mario adalah mengaduk saus dengan menggunakan sendok kayu, sembari menunggu matang. Jika menggunakan sendok atau spatula berbahan metal ternyata dapat mengubah rasa atau bahkan memberikan kontaminasi secara kimiawi. Tuangkan daun basil untuk sentuhan akhir.

    Mario juga memberi tips bahwa jenis pasta yang tepat untuk dicampur dengan saus tomat adalah short pasta. Jika ingin bereksplorasi lebih jauh, Anda dapat menambahkan saus tomat tadi bersama ground beef untuk menjadikannya saus bolognese.