Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cerita Jakarta Marathon 2013

Cerita Jakarta Marathon 2013
Para pelari Jakarta Marathon di garis start

Agenda acara baru di Jakarta berupa kompetisi lari massal yang diikuti ribuan orang.

Untuk pertama kalinya, Jakarta Marathon 2013 menjadi acara perdana yang telah berlangsung pada 27 Oktober 2013. Ada enam kategori dalam lomba yang berskala internasional ini, yaitu full marathon, half-marathon, 10K, 5K, kursi roda dan sprint untuk anak-anak. Jakarta Maraton akan melewati beberapa landmark wisata terkenal di Jakarta, seperti Monumen Nasional atau Monas, Masjid Istiqlal yang letaknya di seberang Gereja Katedral, Kota Tua dan area Bundaran Hotel Indonesia. Selain acara lomba lari, Jakarta Marathon menyuguhkan acara seni dan festival budaya dari seluruh wilayah di Indonesia.

Jumlah peserta diperkirakan mencapai 5.000 orang. Selain warga negara asli Indonesia, terdapat pula pendatang dari berbagai negara seperti Inggris, Kenya, Ethiopia, Jepang, Australia, dan Prancis. Lomba ini dimulai jam 5 pagi dikarenakan banyak peserta yang juga datang dari kalangan elit, sehingga menghindari waktu yang terlalu siang dan lembap. Titik start dimulai dari Monas di Jakarta Pusat. Para pemenang lomba ini didominasi oleh pelari asal Kenya di bagian pria maupun wanita. Para juara pertama berhak mendapatkan hadiah sebesar 42.000 US Dollar sesuai jarak tempuh sepanjang 42 km yang digunakan oleh lomba ini.

Kesempatan acara semacam ini dijadikan pemprov DKI Jakarta sebagai bentuk cara lain mempromosikan Jakarta dan berbagai destinasi menarik di ibukota. Selain tentunya memberikan motivasi serta semangat untuk berolahraga, khususnya lari. Because being healthy is the new luxury.

(Teks: Muhammad Aziz)