• Culture / News

    5 Tren Makanan di Tahun 2018


    5 Tren Makanan di Tahun 2018

    Kandungan sehat serta presentasi sajian yang atraktrif kini menjadi esensi penting di dunia kuliner.


    Pola hidup sehat telah menjadi tren terkini, serta keberadaan sosial media seperti Instagram yang menciptakan banyaknya sajian berbasis sayur dengan presentasi menarik nan fotogenik.

    Simak berikut daftar tren makanan yang akan menjadi populer di tahun 2018. 


    1. Latte Jamur

    Mungkin terdengar aneh, namun kreasi minuman ini termasuk world's healthiest coffee berkat kandungan jamur.

    Jamur, dipercaya sanggup memberikan rasa lebih halus pada biji kopi dan juga memiliki nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini pun dapat meningkatkan kemampuan fokus dan proses berpikir, menurunkan tingkat kecemasan, serta mendukung kerjanya kelenjar adrenal Anda. Konon tipe jamur yang sering digunakan adalah matsutake kering, yakni dicairkan ke dalam ekstrak kopi, namun sebelumnya jamur harus direbus terlebih dahulu untuk menuai manfaat kesehatan.

    Kini, mushroom coffee pun telah hadir dalam wujud sachet yang diproduksi oleh perusahaan superfood dan ramuan herbal asal Amerika Serikat, Four Sigmatic. Jadi Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas, campurkan dengan susu panas, dan tada! Latte jamur siap diminum.

    Penasaran cara penemuan dan pembuatannya? Simak berikut videonya.



    2. Plant-Based Burger

    Sekarang banyaknya inovasi makanan berbasis sayur yang tak kalah nikmat dengan cita rasa daging dan salah satunya yang sedang disorot publik adalah heme burger ciptaan Impossible Foods, perusahaan Amerika Serikat yang mengembangkan produk daging dan susu nabati tanpa menggunakan kandungan dari hewan.

    Heme (protein dalam darah) yang digunakan untuk sajian ini diambil dari akar kacang kedelai karena ia memiliki DNA yang identik dengan heme yang ada pada daging sehingga dapat memberi warna merah jambu pada adonan serta menghasilkan aroma sedap saat terkena gula dan asam amino. Prosesnya pun dilakukan dengan menyuntikan molekul tersebut ke dalam ragi demi menciptakan tekstur, kemudian dibentuk menjadi patty. Hebatnya, olahan ini dapat mengeluarkan jus lezat sehingga terasa seperti fatty juice sang daging.



    3. Food Hybrid

    Don't we all love surprises? Saatnya Anda menikmati hidangan penuh eksperimen.

    Memang kreasi food hybrid ini telah menggemparkan internet sejak toko pastry Dominique Ansel menciptakan cronut (gabungan dari croissant dan donut), lalu diikuti dengan bruffin (traditional French brioche x American muffin), atau waffogato (ice-cream waffle direndam dalam espresso), namun di 2018 tren ini akan makin populer dan inovatif, yakni berkat keunikan dari persilangan dua tipe makanan yang berbeda. Tak hanya bermain dengan sajian manis, tahun ini savory foods akan berpartisipasi juga, contohnya Crossushi (croissant sushi) buatan Mr. Holmes Bakehouse yang dihidangkan bersama smoked salmon, wasabi, rumput laut, dan jahe. 




    4. Edible Flowers

    Demi menciptakan presentasi makanan yang fotogenik, masuk akal bahwa edible flowers diturut sertakan ke dalam piring dan minuman sehari-hari. Selain menjadi hiasan cantik, kelopak bunga dapat membuat rasa makanan menjadi lebih manis dan beraroma segar nan lembut. Cobalah menu bubur manado di Hujan Locale, Ubud yang berpenampilan menggiurkan berkat rangkaian bunga cantik.



    5. Makanan Fermentasi

    Kehadiran yogurt, kefir, kimchi, dan terutama kombucha atau dikenal sebagai superfood akan mendominasi di tahun ini. Minuman kombucha adalah teh yang difermentasi (biasanya menggunakan black atau green tea) yang dipercaya dapat menyembuhkan asma, katarak, diabetes, diare, herpes, dan berbagai penyakit lainnya berkat detoksifikasi oleh kandungan asam glucaric yang tinggi. Cicipi kombucha kreasi Fresto Restaurant di Bali yang menyegarkan.
    Menurut prediksi ahli gizi yang terdaftar di survey Pollock Communications dan Today's Dietitian, pola makan bersih dan diet nabati akan menjadi tren diet paling populer di 2018. 



    (Foto: Courtesy of Instagram @thedelicious)