• Fashion / News

    Evolusi dan Cerita di Balik Little Black Dress


    Evolusi dan Cerita di Balik Little Black Dress

    Mengenal little black dress, dari sejarah kemunculannya hingga evolusinya, termasuk sederet gaun hitam favorit Anda.


    Apa yang Anda bayangkan tentang warna hitam? Apakah seperti yang diungkapkan desainer fashion asal Jepang Yohji Yamamoto tentang kemisteriusannya? 

    “Hitam adalah bersahaja dan arogan di waktu bersamaan. Hitam itu malas dan mudah—tetapi misterius. Namun di atas itu semua, hitam menegaskan: Saya tidak mengganggu Anda—jangan ganggu saya juga.”

    Saya sependapat dengan Yohji. Hitam itu sangatlah misterius namun juga super elegan. 

    Baca juga: 5 Model Tas Sehari-hari

    Padahal di era Ratu Victoria dan Raja Edward, busana hitam terasosiasi dengan profesi pelayan atau ungkapan berkabung, seorang janda diharapkan setidaknya empat tahun untuk mengenakan warna hitam setelah kepergian pasangannya.


    Namun, sebuah gebrakan datang dari Coco Chanel di tahun 1926. Wanita revolusioner ini mengenalkan masyarakat pada masa itu dengan gaun pendek yang populer dengan istilah little black dress.

    Saat itu ia menciptakan gaun hitam simpel bersiluet T dalam warna hitam, gaun pendek ini memfitur tangan panjang yang mampu mewadahi kesan elegan dalam kesederhanaannya.


    Kemunculan little black dress dianggap sangat pas momentumnya, karena era itu disebut sebagai periode Great Depression sehingga busana yang simpel dan terjangkau adalah kuncinya.

    Busana ikonis ini senantiasa berevolusi mengikuti kebutuhan dan menyapa setiap karakter perempuan.


    Di sepanjang histori dunia fashion, ia terus menerus muncul seperti di era New Look buatan Christian Dior tahun '50-an atau ketika ia menuai popularitas berkat film yang dibintangi Audrey Hepburn mengenakan gaun hitam Givenchy, Breakfast at Tiffany, di tahun 1961.



    Kini, little black dress menjadi potongan busana esensial yang wajib dimiliki setiap wanita. Berikut sederet little black dress terbaru dengan model yang variatif. Manakah little black dress favorit Anda?



    (Dress Saint Laurent yang berdesain minimalis dan bernapas mod)



    (Dress Alexander Wang yang terkesan sensual)



    (Dress Givenchy yang edgy berkat detail zipper)



    (Dress Chloé yang manis dan chic)


    (Dress Saloni yang bergaya vintage)


    (Foto: Dok. Bazaar & Chanel, Layout: Yellsa Nurila Indah)