• Culture / News

    Roti Organik Buatan Yogyakarta


    Roti Organik Buatan Yogyakarta

    Meski tepung seringkali dimusuhi sebagai sumber karbo, ternyata gaya hidup sehat juga bisa diterapkan pada konsumsi roti.


    Sesehat apakah sebuah roti dapat dibuat? Mungkinkah gaya hidup sehat dapat diterapkan pada pembuatan roti, yang identik dengan sumber karbohidrat kompleks?

    Selain itu, bagaimana menjamin roti yang kita konsumsi sepenuhnya bebas dari aneka bahan kimia?  Bagaimana dengan mereka yang tubuhnya intoleran terhadap gluten?

    Kesadaran mengonsumsi makanan sehat mendorong Siane Caroline bersama suaminya Ahmad Solihin untuk mendirikan Kebun Roti sekitar tiga tahun lalu. Mereka meneliti dan menciptakan beragam varian roti sourdough, dengan memakai ragi alami. Dalam proses pembuatan, mereka memprioritaskan pemakaian bahan-bahan alami yang sebisa mungkin lokal, berkelanjutan (sustainable) dan dapat dilacak asalnya (traceable).

    “Kebun Roti sehari hari menyediakan kebutuhan akan makanan sehat, khususnya roti bagi anak anak dan orang dewasa, terutama mereka yang memiliki kebutuhan tertentu terhadap makanan sehat. Entah karena sakit, alergi atau sekadar (ingin menerapkan) gaya hidup sehat.”

    Gaya hidup sehat itu juga yang ingin disebarluaskan oleh pasangan suami-isteri tersebut lewat penyelenggaraan aneka workshop pembuatan roti bagi masyarakat. 

    Kebun Roti kini memiliki gerai di kawasan Gejayan, Yogyakarta. Selain aneka produk roti organik, di sana juga tersedia gelato produk Conogelateria.