Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Film Inspiratif tentang Cinta Orangtua Angkat

Jika cinta orangtua identik dengan cinta tak bersyarat, cinta orangtua angkat adalah love by choice.

7 Film Inspiratif tentang Cinta Orangtua Angkat

Dalam film Lion (2016), Nicole Kidman berperan sebagai ibu angkat asal Australia yang mengadopsi seorang anak India (saat dewasa diperankan oleh Dev Patel). Film yang diangkat dari kisah nyata ini meraih empat kategori nominasi Golden Globe 2017, termasuk nominasi Nicole Kidman sebagai aktris pendukung terbaik dan Dev Patel sebagai aktor pendukung terbaik.

Tanpa mengecilkan cinta orangtua kandung, harus kita akui bahwa cinta orangtua angkat adalah ikatan cinta berdasarkan pilihan. Love by choice itulah yang membuat cinta mereka tak ternilai. Sejumlah film berikut juga mengangkat tema klasik yang inspiratif tersebut.


The Curious Case of Benjamin Button (2008)

Saat baru berusia beberapa jam, Benjamin Button (Brad Pitt) dibuang oleh ayah kandungnya akibat kelainan gen yang membuat penampilannya seperti orang lanjut usia. Ia dirawat dan dibesarkan penuh kasih sayang oleh Queenie (Taraji P. Henson),seorang pengurus panti wreda. 





Les Miserables (2012)

Dalam kisah klasik karya Victor Hugo ini, Jean Valjean (Hugh Jackman) menyelamatkan Cosette (Amanda Seyfried) dan membesarkannya seperti anak kandungnya sendiri, bahkan menyelamatkan kekasih putrinya (Eddie Redmayne) dengan taruhan nyawa.




Baca juga: 8 Film Inspiratif yang Wajib Anda Tonton


Man of Steel (2013)

Bayangkan, Superman (Henry Cavill) saja dibesarkan oleh sepasang orangtua angkat (Kevin Costner dan Diane Lane) di negara bagian Kentucky, AS. Saat masih bayi, ia dikirim ke planet bumi oleh Jor-El sang ayah berhubung Planet Krypton tempat mereka tinggal, terancam hancur.





Kung Fu Panda (2008,2011,2016)

Saat masih bayi, pendekar panda Po ditemukan di tempat sampah oleh Mr. Ping, angsa penjual bakmi di Valley of Peace. Hubungan ayah dan anak berbeda species ini digambarkan sangat dekat dan hangat. Bahkan Mr. Ping memahami saat Po menolak untuk meneruskan usaha bakminya dan memilih menjadi pendekar kung fu.





Tarzan (1999, 2002, 2005, 2016)

Jika Kung Fu Panda dibesarkan oleh angsa, bayi Tarzan diasuh dan dibesarkan oleh seekor induk gorila bernama Kala, yang digambarkan selalu melindunginya dari Kerchak, gorila pasangannya dan gorila bernama Sabor yang dulu membunuh orangtua Tarzan. Hubungan mesra antara ibu dan anak angkat ini digambarkan secara indah dalam lagu tema You'll be in My Heart, yang dinyanyikan Phil Collins (1999).





Blind Side (2009)

Film berdasarkan kisah nyata ini mengisahkan seorang remaja Afrika Amerika yang diangkat anak oleh sebuah keluarga kulit putih. Dari seorang remaja yang bermasalah di sekolah, Michael Oher (Quinton Aron) bangkit menjadi pelajar dan pemain football yang berprestasi. Semua itu berkat peran keluarga angkatnya, terutama ibu angkatnya Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock).