• Culture / Tips

    9 Keunggulan Memasak dengan Metode Sous Vide


    9 Keunggulan Memasak dengan Metode Sous Vide

    Sebuah cara modern yang memungkinkan Anda untuk menyajikan menu ala restoran bintang lima lewat beberapa langkah mudah.


    Sous vide ialah teknik memasak menggunakan kantung kedap udara berisi bahan makanan yang dimasukkan ke dalam wadah dengan air bersuhu tertentu. Sekilas memang terdengar rumit, namun sebetulnya inovasi ini membawa banyak kemudahan bagi dunia kuliner selain tentu saja berbagai kelebihannya.

    Bersama Bazaar, mari mengenali berbagai manfaat dari sous vide ini!

    1. Hidangan yang lebih enak

    Sous vide terkenal dengan kemampuannya untuk senantiasa mempertahankan sari pati makanan yang dimasak. Hasilnya, ayam yang lunak namun tetap kaya rasa dan daging steak super juicy dengan tingkat kematangan sempurna.

    2. Praktis

    Percaya atau tidak, metode sous vide pun cocok untuk Anda yang mengaku malas atau tidak bisa memasak sekalipun. Karena pada dasarnya, yang tinggal Anda lakukan hanya mencampur semua bahan secara sekaligus ke dalam kantung hampa udara sebelum mencelupkannya ke dalam wadah berisi air yang telah diatur suhunya.

    Anda tak wajib mengeceknya terus menerus seperti sedang menggoreng ayam atau mengaduk rendang, misalnya. Bahkan, beberapa proses sous vide bisa ditinggal semalaman atau hingga 72 jam termasak tanpa mesti khawatir bahwa hasilnya akan gosong. Sekarang, sudah banyak resep sous vide mudah yang dapat dicari di internet pula.

    3. Fleksibel

    Sous vide dapat dimanfaatkan untuk mengolah macam-macam daging mulai dari ayam, sapi, ikan, hingga sayur dan sebagian besar buah-buahan. Bahkan, Anda juga bisa “memanggang” kue melalui sistem sous vide dengan menggunakan stoples kaca.

    4. Cepat

    Sejumlah resep sous vide, contohnya ikan, hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit saja untuk bisa disajikan di meja Anda

    5. Sehat

    Karena ditaruh dalam plastik vakum, vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan tak mudah terlepas seperti saat proses merebus atau mengukus pada biasanya. 

    6. Ekonomis

    Dulu, sous vide memang seringnya diperuntukkan untuk kepentingan industri serta kerap digunakan oleh koki-koki kenamaan di restoran berbintang Michelin. Namun sejak tahun 2013 saat brand Anova menemukan alat simpel untuk mewujudkan sous vide dengan harga terjangkau, cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

    Malah, Anda dapat menghemat uang banyak karena bisa menikmati makanan setaraf restoran kelas atas kapan pun disuka tanpa harus membayar lebih mahal.

    7. Memasak makanan dengan rasa stabil dalam kuantitas besar

    Jika dilakukan dalam porsi yang lebih banyak, memasak dengan metode konvensional tak semudah teorinya. Rasa hambar dan undercooked menjadi beberapa kendala mempraktikkan resep dalam partai besar. Namun dengan sous vide, Anda bisa menghasilkan masakan dalam jumlah berapa pun tanpa kehilangan kualitas.

    Kematangan yang merata juga tetap tercapai berkat temperatur presisi.

    8. Memasak makanan dengan hasil yang sama secara berulang-ulang

    Anda pernah berhasil saat mencoba suatu resep, namun tak dapat mengulanginya lagi dengan hasil yang sama saat mencoba lagi keesokan harinya? Solusi untuk menyiasati hal ini adalah sous vide, di mana Anda selalu bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan selama dimasak dengan bumbu dan tingkat suhu yang sama. 

    9. Masa simpan yang lebih lama

    Makanan yang telah melalui proses sous vide bisa didinginkan dalam kulkas ataupun dibekukan jika ingin dikonsumsi nanti. Sebagai contoh, daging yang dimasak selama lebih dari 6 jam pada temperatur 60 derajat Celcius jadi aman bertahan selama seminggu di dalam kulkas. 


    (Foto: MaraZe/Shutterstock.com)


    Tags :