• Beauty / Tips

    Cantik Alami Tanpa Komedo


    Cantik Alami Tanpa Komedo


    Komedo merupakan masalah kulit wajah yang kerap mengganggu penampilan Anda karena memberikan kesan kusam. Beragam produk dan klinik kecantikan menawarkan servis untuk mengatasi komedo, namun tahukah bila Anda dapat melakukan perawatan alami sendiri di rumah?

    Sayuran, buah-buahan, dan beberapa bahan dapur lainnya terbukti bisa menghilangkan komedo tanpa harus mengeluarkan biaya banyak dan tentunya lebih praktis. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membebaskan hidung serta bagian wajah lainnya agar meminimalisasi hadirnya komedo:

    1. Tomat
    Sari tomat mempunyai antiseptik yang dapat menghilangkan serta mencegah komedo untuk muncul kembali. Siapkan satu buah tomat, lalu tumbuk halus hingga keluar sarinya dan oleskan di bagian wajah yang berkomedo. Efektif digunakan di malam hari, lalu biarkan sampai pagi hingga komedo dengan sendirinya mengering dan keluar dari permukaan kulit, lalu bilas dengan air atau lanjutkan membersihkan wajah.

    2. Lemon
    Esensi sari lemon juga memiliki antiseptik dan antioksidan dan karena tingkat keasaman dalam lemon cukup tinggi, maka Anda harus mencampur cairan itu air dan garam, sebelum diaplikasikan ke bagian yang bermasalah. Kemudian diamkan semalaman, lalu bilas pagi harinya untuk mendapatkan kulit lebih segar dan bersinar.

    3. Telur dan madu
    Anda dapat meramu sebuah salep yang terbuat dari putih telur yang dicampur dengan madu. Balurkan racikan tersebut pada wajah, lalu diamkan hingga mengering dan terasa kencang, setelah itu bilas dengan air hangat. Hasilnya bisa Anda rasakan secara langsung, seperti kulit menjadi lebih bersih dan bebas komedo.

    4. Gula
    Setelah mencuci wajah dengan sabun pembersi, gosok bagian wajah yang berkomedo dengan gula. Anda dapat mencampurnya bersama lemon guna membersihkan kelebihan minyak pada wajah. Cara ini cukup efektif dengan hasil instan.

     

    (Ardani Sesotyasari, Foto: Svetlanamiku / Shutterstock / Click Photos)