TENTANG ANFA

Harper's Bazaar Asia Newgen Fashion Award

Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) merupakan kompetisi yang digagas majalah Harper’s Bazaar di kawasan Asia Tenggara (Thailand, Indonesia, India, dan Singapura), dengan tujuan untuk menemukan dan mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negara masing-masing agar nantinya dapat hadir mewarnai panggung fashion secara global.

Kompetisi ini digelar secara rutin sejak tahun 2013 dan telah menerima antusiasme yang besar dari para desainer muda di Indonesia. Para desainer yang terpilih pada tahun-tahun sebelumnya, adalah: Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila) di tahun 2013, serta Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunissa di tahun 2015, dan William Utama dan Wilsen Willim di tahun 2016. Satu momen membanggakan juga tertoreh saat William Utama memenangkan penghargaan tertinggi yaitu Asia Newgen Fashion Award di tingkat regional, mengalahkan gran finalis negara-negara lain, sekaligus menjadi pemenang pertama penghargaan ini yang berasal dari Indonesia, di tahun 2016.

Kemudian di tahun 2017, ANFA kembali diselenggarakan di Singapura. Dua finalis yang mewakili Indonesia di tahun tersebut adalah Michelle Kristiani Tjong dan Alifia Maqnuun. Untuk kompetisi ini, Michelle Kristiani Tjong berhasil memperoleh titel sebagai juara runner up.

ANFA Indonesia senantiasa mengundang tokoh-tokoh fashion Indonesia untuk mendampingi Ria Lirungan selaku Editor in Chief Harper's Bazaar Indonesia, sebagai dewan juri setiap tahunnya. Tim juri kerap terdiri dari desainer fashion ternama serta representasi dari institusi fashion lainnya seperti retail, pusat perbelanjaan, dan produsen tekstil.

Hadiah yang dapat diraih dengan mengikuti kompetisi ANFA antara lain adalah sejumlah produk dari sponsor dan eksposur kepada orang-orang yang berkecimpung di dunia fashion, baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara. Dan pemenang utama ANFA mendapatkan kesempatan untuk meneruskan pendidikan fashion ke jenjang master di sebuah sekolah fashion bergengsi di Eropa.

Berikut alur kompetisi Harper's Bazaar Asia Newgen Fashion Award (ANFA) setiap tahunnya:

Alur Kompetisi ANFA

Pendaftaran
Terpilih 20 orang semi finalis
Presentasi di hadapan dewan juri membawa mood board dan 1 look yang sudah jadi
Terpilih 10 orang finalis
Coaching dengan juri
Final fashion show menampilkan masing-masing 6 look
Terpilih 2 orang pemenang nasional
Mengikuti fashion show grand final bersama pemenang nasional dari negara lain.
Terpilih 1 orang pemenang ANFA

Pemenang ANFA

2017
Michelle Kristiani
@micca.atelier

Potongan yang romantis hadir di tangan Michelle Kristiani, berbagai sederet busana kontemporer namun tetap feminin diolah Michelle dalam konstruksi yang arsitektural. Eksplorasi material dan desain ia maksimalkan hingga mampu mengelevasi material tersebut ke level yang luks. Untuk koleksi lombanya, warna putih mendominasi keseluruhan busana dengan material seperti denim dan katun, hingga teknik serut dan lipit.

Alifia Maqnuun
@alifiamaqnuun

Alifia Maqnuun senantiasa hadir mempresentasikan rangkaian koleksi yang memuat spirit street style. Karya yang edgy berbekal eksplorasi dekonstruktif mendominasi format busananya dalam rupa jaket, rok, dan kemeja yang berpotongan tidak biasa. Utilitarian adalah napas yang paling esensial di dalam desainnya.


2016
William Utama
@williamutamaofficial

Terinspirasi dari street culture yang terkesan rebellious namun tetap memiliki keindahan yang unik, William mengaplikasikan desain eklektik dengan detail dan pengerjaan kain yang rumit ke dalam koleksinya. Karyanya mempresentasikan elemen kontemporer lewat pertemuan cara menjahit tradisional dengan keterampilan yang inovatif.

Wilsen Willim
@wilsenwillimofficial

Kemeja putih nan klasik adalah dasar dari setiap koleksi Wilsen. Diarahkan oleh kenaifan, elemen jenaka, dan detail eksperimental yang diaplikasikan pada siluet sederhana dan tailored finishing.


2015
Audrey Chairunnisa
@drey_id

Audrey memiliki label bernama Drey yang merepresentasikan semangatnya dalam membawa orang kembali kepada idealisme. Ia sering terinspirasi dari budaya lokal dan menyuntikkannya ke dalam koleksinya, yang ia nilai dapat memberikan energi kepada si pengguna. Gaya desainnya dapat diidentifikasikan lewat tiga kata: sporty, simpel, dan monokromatis.

Cynthia Fransisca
@cynfransisca

Koleksi Cynthia mencerminkan kekagumannya terhadap konsep modern dan misterius akan sebuah kecantikan. Inovatif, modern, dan tak lekang waktu adalah visinya terhadap label CynthiaFrancisca yang lebih fokus terhadap koleksi yang dramatis dan teatrikal, dan CynFransisca yang menelurkan koleksi ready-to-wear untuk pria dan wanita.


2013
Peggy Hartanto
@peggyhartanto

Peggy Hartanto sebagai label fashion lekat asosiasinya dengan siluet feminin dan garis rancang yang modern. Ia menawarkan teknik potong yang clean dan konstruksi yang inovatif di setiap rancangannya. Maka tidak heran jika busananya pun pernah dikenakan selebriti Hollywood untuk menghadiri ajang karpet merah nan bergengsi.

Sheila Agatha
@seanandsheila

Sheila merupakan salah satu desainer di balik label Sean and Sheila. Konsep koleksi karya desainnya mengusung modernitas yang elegan dan romantis. Modernitas yang ia kedepankan tidak serta-merta melupakan tradisi. Suntikan tradisi kerap terlihat di kreasinya yang kerap terlihat sangat kontemporer.


Download Formulir ANFA 2018